Harga Yamaha R6 2018, Review, Spesifikasi & Gambar

Advertisement

Harga Yamaha R6 – Salah satu pengunjung otomotifo.com pasti ada yang bermimpi memiliki moge yang satu ini. Yamaha R6 memang memiliki daya pikat sangat besar bagi semua pecinta otomotif di seluruh dunia. Hal ini tidak lepas dari kecanggihan teknologi dan desain sporty yang dimilikinya. Sayang harga motor Yamaha R6 dibanderol sangat mahal, sehingga tak semua orang bisa berkesempatan memiliki moge bermesin 600cc ini.

Yamaha R6 yang kami ulas kali ini merupakan versi terbaru yang dilengkapi fitur lebih canggih dan desain lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya. Yamaha merubah total tampilan All New Yamah R6 agar mirip Yamaha R1. Alhasil motor ini bisa menjadi alternatif bagi masbro yang belum mampu membeli Yamaha R1 yang saat ini dipasarkan dengan harga melebihi 600 Juta Rupiah.

Kapasitas mesin Yamaha R6 berbeda jauh dengan Yamaha R1. Oleh karena itulah motor ini dibanderol lebih murah. Namun soal teknologi rupanya Yamaha R6 generasi terbaru memiliki teknologi hampir sama dengan R1. Yang pasti masbro tidak akan menyesal mengeluarkan uang ratusan juta rupiah untuk membelinya, karena semua teknologinya sebanding dengan uang yang masbro keluarkan.

Advertisement

Motor ini layak disebut sebagai moge terbaik di kelas 600cc. Biasanya pemilik Yamaha R6 adalah konsumen yang ingin beralih dari motor sport 250cc dan menginginkan motor ber-cc lebih besar sebelum nantinya membeli motor 1000cc. Pesaing utama Yamaha R6 tentu Kawasaki ZX-636 yang menjadi andalan Kawasaki di kelas 600cc. Nah bagi masbro yang lebih tertarik membeli R6 dan ingin mengetahui spesifikasi lengkap serta Harga Yamaha R6 terbaru, silahkan simak informasi berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Yamaha R6

Spesifikasi dan Harga Yamaha R6

Spesifikasi dan Harga Yamaha R6

Desain & Dimensi

Dimensi2,040 mm x 695 mm x 1,150 mm
Berat190 kg
Kapasitas Tangki17 Liter
Jarak Sumbu Roda1,375 mm
Tinggi Tempat Duduk850 mm
Ground Clearance130 mm

Spesifikasi Yamaha R6 pada sektor mesin patut diacungi jempol. Motor ini menawarkan spesifikasi sangat tinggi yang dipadukan dengan desain sporty dan aerodimanis. Desainnya sangat mirip dengan Yamaha R1 atau Yamaha R1M yang notabennya dibanderol lebih mahal dari harga Yamaha R6. Bedanya motor ini memiliki dimensi sendikit lebih kecil yang disesuaikan dengan kapasitas mesinnya. Desainnya tetap aerodinamis dengan front cowl dan widshiled yang efisien.

Yamaha R6 memanga mengadopsi desain R-series generasi terbaru yang memiliki Dual LED Position Lights dengan desain Agresif. Sedangkan untuk dimensinya memiliki ukuran panjang 2.040 mm, lebar 695 mm, dan tinggi 1.150 mm. Selain itu, motor ni memiliki sumbu roda berjarak 1.375 mm dan ground clearance 130 mm. Kemudian untuk tempat duduknya setinggi 850 mm dan memiliki bobot keseluruhan hngga 190 kg.

Advertisement

Pilihan Warna

Warna Yamaha R6 BiruWarna Yamaha R6 Hitam

Setiap sisi Yamaha R6 terlihat sporty dengan bodi bongsor yang menawan. Pada bagian depan juga terpasang suspens Upside Down berwarna emas dan tangki bensin berkapasitas 17 Liter. Sedangkan pada bagian belakang dibuat berongga untuk mengalirkan angin secara tepat sesuai dengan konsep aerodinamis yang menjadi ciri khas Yamaha R-Series. Motor ini juga memiliki speedometer modern yang memadukan panel meter analog dan digital menjadi satu kesatuan yang informatif.

Baca Juga :  Modifikasi NMAX Terbaru 2018 Paling Keren & Simple

Untuk saat ini Yamaha R6 tersedia dalam 2 pilihan warna yang terdiri dari Tech Black dan Yamaha Blue. Biasanya Yamaha memberikan pembaharuan warna setiap tahunnya, jadi jangan heran apabila nantinya warna Yamaha R6 akan jauh lebih keren dibandingkan pilihan warna di atas. Namun yang pasti motor ini memiliki desain sangat sporty dengan balutan warna polos dan grafis minimalis bertuliskan Yamaha R6.

Advertisement

Performa Mesin

Performa Yamaha R6

Performa Yamaha R6

Tipe4-stroke, liquid-cooled, DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder, 4-valves
Kapasitas599 cc
Daya Maksimum87.1 kW (118.4PS) @ 14,500 rpm
Torsi Maksimum61.7 Nm (6.3 kg-m) @ 10,500 rpm
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe StarterElectric Starter
Tipe TransmsiConstant Mesh, 6-speed
Bore X Stroke67.0 mm x 42.5 mm
Rasio Kompresi13.1 : 1
Tipe KoplingWet, Multiple Disc

Berlanjut ke sektor mesin, Yamaha R6 generasi terbaru memakai mesin forward-inclined parallel 4-Silinder yang memiliki 4 katup dengan kapasitas 599cc. Mesin tersebut memiliki konfigurasi Bore x Stroke berukuran 67 mm x 62,5 mm dan rasio kompresi sebesar 13.1:1. Berkat konfigurasi tersebut, Yamaha R6 mampu memuntahkan daya sebesar 87,1 kW atau setara 118.4 PS yang bisa diraih pada putaran mesin 14.500 rpm.

Torsi motor ini juga sangat besar, yakni mencapai 61.7 Nm pada 10.500 rpm. Berbekal tenaga dan torsi sebesar itu, tentu Yamaha R6 bisa berakselerasi dengan sangat cepat. Terbukti motor ini mampu meraih top speed hingga 160 mph atau setara 257 km/jam. Performanya memang dibawah Yamaha R1 yang menjadi salah satu motor tercepat di dunia, namun hal ini bukan menjadi masalah berarti selama harga Yamaha R6 jauh lebih murah dan bisa berakselerasi dengan sangat cepat.

Performa mesinnya semakin menakjubkan dengan hadirnya transmisi 6 percepatan yang dioptimalkan oleh Quick Shifter System (QSS) dan 6 Mode Traction Control System. Kedua fitur tersebut sangat berperan penting dalam mengoptmalkan performa Yamaha R6 yang bisa berlari melebihi 250 km/jam. Tak hanya itu, Yamaha R6 generasi terbaru juga memiliki fitur D-Mode yang tak akan masbro dapatkan apabila membeli Yamaha R6 generasi sebelumnya.

Sistem Pengereman

Sistem Pengereman Yamaha R6

Sistem Pengereman

Rem DepanHydraulic dual disc, Ø 320 mm
Rem BelakangHydraulic single disc, Ø 220 mm
SistemABS (Anti-Lock Breaking System)

Sistem electronic Yamaha R6 generasi terbaru memang lebih canggih dibandingkan R6 generasi sebelumnya. Inilah salah satu alasan mengapa harga Yamaha R6 ini layak dihargai mahal. Terlebih fitur-fiturnya jauh lebih canggih dibandingkan Kawasaki ZX-636 atau Honda CBR600 yang menjadi rival terberatnya di kelas moge 600cc. Masih banyak fitur menarik lainnya, dan semuanya telah tersedia untuk memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pemilik R6.

Sistem pengereman ABS (Anti-Lock Breaking System) juga dimiliki motor ini. Teknologi ini akan mengoptimalkan kontrol rem depan yang menggunakan rem cakram ganda berdiameter 320 mm. Sedangkan untuk rem belakang memakai rem tunggal berdiameter 220 mm yang dijamin bisa menghentikan laju kendaraan secara tepat dan cepat. Teknologi ABS juga mengurangi resiko ban terkunci saat pengendara R6 mengerem secara mendadak, sehingga mengoptimalkan keselamatan pengendaranya.

Rangka & Kaki-Kaki

Fitur Yamaha R6

Headlamp Yamaha R6

RangkaAluminium Deltabox
Suspensi depanDouble upside down telescopic forks 43 mm
Suspensi belakangSwingarm, (link suspension)
Ukuran Ban Depan120/70 ZR17M/C (58W) Tubeless
Ukuran Ban Belakang180/55 ZR17M/C (73W) Tubeless
Rem DepanHydraulic Double Disc 265.6 mm
Rem BelakangHydraulic single disc 298 mm
Baca Juga :  Harga Jupiter MX 150 2018, Review, Spesifikasi & Gambar

Rangka Alumunium Deltabox yang kokoh dan kuat akan menompang beban pengendara dan bobot motor yang mencapai 190 kg. Agar semakin optimal motor ini memakai suspensi depan Upside Down berwarna emas yang memiliki diameter 43 mm. Sedangkan untuk bagian belakang memakai Swing Arm dengan Link Suspension. Semua suspensinya bisa diatur sepenuhnya sesuai kenyamanan pengendara Yamaha R6.

Sebanding dengan harga Yamaha R6 yang mahal, motor ini juga memiliki ban berukuran besar yang semuanya menggunakan ban Tubeless. Dimana untuk bagian depan memakai ban berukuran 120/70 ZR17M/C (58W) dan untuk ban belakang berukuran 180/55 ZR17M/C (73W). Ukuran bannya sesuai dengan dimensi Yamaha R6 yang besar, sehingga motor ini bisa melaju secara stabil mesin pada kecepatan sangat tinggi.

Daftar Harga Yamaha R6

Harga Yamaha R6

Harga Yamaha R6

Harga Yamaha R6 BaruHarga Yamaha R6 Bekas
Harga Yamaha R6 BaruHarga Yamaha R6 Bekas
£11,499
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Yamaha

Di luar negeri, khususnya di Eropa, harga Yamaha R6 generasi terbaru dibanderol £11,499 atau setara Rp. 216 Jutaan. Harganya jauh lebih murah dibandingkan Yamaha R6 di Indonesia yang mencapai 400 Jutaan apabila masbro membelinya melalui distributor dengan surat-surat lengkap. Sedangkan apabila No Paper sekitara 300 Juta atau setara Yamaha R6 generasi terdahulu yang hingga saat ini masih dipasarkan di Indonesia dengan harga 300 Juta Rupiah.

Sangat disayangkan moge Yamaha terbaru ini belum dijual secara resmi di Indonesia. Alhasil masbro harus membelinya melalui beberapa distributor yang otomatis lebih mahal dibandingkan harga Yamaha R6 resmi. Bagi yang sudah kebelet membeli motor ini, pasti rela mengeluarkan uang ratusan juta rupiah. Terlebih Yamaha R6 generasi terbaru memiliki fitur lebih canggih dan desain lebih keren dibandingkan R6 generasi sebelumnya.

Gambar Yamaha R6

Video Yamaha R6

Kelebihan Yamaha R6

  • Desain sangat sporty dengan bentuk agresif yang terlihat gahar
  • Memiliki mesin berkapasitas 600cc yang dilengkapi sistem electronic sangat canggih dan mampu mengeluarkan tenaga serta torsi sangat besar
  • Tersedia beberapa fitur pendukung, seperit Traction Control, D-Mode, dan Quick Shift System
  • Sistem pengeremannya dioptimalkan oleh teknologi ABS dan Dual Disk Brake pada bagian depan
  • Memakai suspensi depan Upside Down yang membuat motor semakin nyaman
  • Ukuran bannya sangat besar
  • Dibekali lampu depan Dual LED dengan desain mirip milik Yamaha R1
  • Desain speedometer sangat keren, namun sayangnya belum Full Digital

Kekurangan Yamaha R6

  • Harga Yamaha R6 dibanderol sangat mahal
  • Belum memakai suspensi buatan Ohlins dan kaliper Brembo

Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya

Spesifikasi dan Harga Yamaha NikenHarga Yamaha NikenSpesifikasi dan Harga Yamaha Force 155Harga Yamaha Force 155
Gambar Yamaha Tricity 155Harga Yamaha TricityHarga Yamaha TMAX DX

Denga mengadopsi desain Yamaha R-Series dan penambahan beberapa fitur pada sistem electronic, seperti Traction Control, Drive Mode, dan masih banyak lagi lainnya membuat Yamaha R6 generasi terbaru sangat menarik. Sayangnya harga Yamaha R6 ini dibanderol sangat mahal dan kemungkinan harganya melebihi 300 Juta Rupiah saat dipasarkan secara resmi di Indonesia. Bisa saja harga Yamaha R6 lebih murah, namun kita harus bersabar untuk menantikan kehadiran motor ini secara resmi di Indonesia.

Advertisement