Harga Oli Enduro Matic 2019 : Kelebihan & Kekurangan

Advertisement

Harga Oli Enduro Matic 2019 – Ada beberapa pertimbangan dalam memilih pelumas motor atau oli. Masbro harus memilih oli berkualitas tinggi untuk menjaga performa dan ketahanan mesin. Di Indonesia sendiri ada bayak sekali pilihan oli motor terbaik, dan salah satunya adalah Enduro Matic. Oli tersebut merupakan pelumas buatan Pertamina Lubricants yang dikhususkan untuk motor matic bermesin empat langkah (4 Tak).

Tak hanya berkualitas, harga oli Enduro Matic juga sangat terjangkau. Ada dua jenis oli yang tersedia dipasaran, yakni Enduro Matic 10W-30 dan Enduro Matic-G 20W-40. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda-beda yang nantinya bisa disesuaikan dengan jenis kendaraan. Soal kualitas, tentu sama baiknya, karena merupakan produk terbaik dari Pertamina Lubricant yang dikembangkan secara khusus untuk meningkatkan performa motor matic.

PT Pertamina Lubricants melakukan pengujian ketat sebelum produknya dilepas kepasaran. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas oli Enduro Matic. Dari segi kualitas juga tak kalah dari oli motor matic merek ternama lainnya, seperti Motul, Shell Helix, Castrol, dll. Terlebih harga oli Enduro Matic jauh lebih terjangkau, sehingga bisa menjadi pilihan paling tepat bagi masbro yang sedang mencari oli motor matic murah berkualitas tinggi.

Semua jenis motor matic bisa menggunakan oli buatan Pertamina Lubricants tersebut. Masbro bisa memakainya sebagai pelumas Honda Beat, Honda Vario, Yamaha NMAX, Yamaha Aerox, Suzuki Nex, dan beragam motor matic lainnya. Tersedia dua jenis oli Enduro Matic yang bisa masbro pilih. Semuanya sama-sama murah dengan harga dibawah 50 Ribu Rupiah. Namun sebelum membelinya, mari kita simak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic

1. Kelebihan Enduro Matic-G 20W-40

Oli Enduro Matic-GKelebihan Enduro Matic G adalah memiliki tingkat viskositas  atau tingkat kekentalan yang lebih tinggi dibandingkan oli sekelasnya. Dimana Enduro Matic G memiliki tingkat viskositas SAE 20W-40 yang membuatnya lebih optimal dalam menjaga temperature mesin, terutama saat berada dikemacetan ataupun jalan statis. Selain itu, Enduro Matic G memiliki tingkat ketahanan  lebih tinggi terhadap oksidasi dan degradasi yang ditimbulkan radiasi panas mesin, sehingga masa pakainya bisa lebih lama, hingga 7.500 km.

Tingkat kekentalan oli Enduro Matic G sangat cocok untuk motor matic baru ataupun motor matic lama. Masbro bisa memakainya untuk mengoptimalkan performa motor matic Yamaha, Honda, Suzuki, ataupun merek lainnya. Kekentalan oli tersebut juga lebih rendah pada suhu dingin, sehingga akan melindungi mesin sejak pertama kali dihidupkan. Soal kualitas juga tak perlu diragukan lagi, karena sudah memenuhi standar mutu JASO MB yang merupakan standar Jepang untuk motor matic 4 Tak.

Tak hanya berstandar JASO MB, Enduro Matic-G juga memenuhi tingkat performance API SL yang menjanjikan performa optimal disegala kondisi. Selain itu, Enduro Matic-G dibuat dengan base oil sitentik yang cocok untuk motor matic yang sering melewati kemacetan. Semua kelebihan tersebut menjadikan Enduro Matic-G layak disebut sebagai oli motor matic terbaik di Indonesia, jadi masbro tak perlu meragukan kualitasnya.

Semua jenis motor matic bisa memakai oli ini. Bahkan Enduro Matic-G sangat cocok untuk motor matic tua yang membutuhkan pelumas dengan tingkat kekentalan tinggi agar bisa melumasi seluruh bagian mesin yang tingkat presisi antar komponen sudah mulai menurun. Yah, ada banyak sekali kelebihan Enduro Matic-G. Lalu bagaimana dengan kekurangannya ? Kami rasa hampir tidak ada kekurangan pada oli ini, karena sudah berstandar jepang dan memiliki tingkat kekentalah yang sangat baik.

Baca Juga :  Harga Knalpot Norifumi Original Terbaru 2019

2. Kelebihan Enduro Matic 10W-30

Harga Oli Motor Enduro Matic

Sebelum memasarkan Enduro Matic-G di Indonesia, Pertamina Lubricants terlebih dahulu memasarkan Enduro Matic 10W-30. Sesuai namanya, pelumas ini memiliki tingkat kekentalan SAE 10W-30 yang bisa dikatakan lebih encer dibandingkan Enduro Matic-G. Meskipun begitu, oli ini tetap berkualitas dan sudah memenuhi standar JASO MB dan API SL, sama seperti Enduro Matic-G. Lalu apa saja kelebihan pelumas tersebut ?

  1. Menjaga mesin tetap bersih
  2. Melindungi mesin dari korosi dan keausan yang berlebihan
  3. Tarikan mesin awal terasa lebih halus dan responsif
  4. Bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar
  5. Harga oli Enduro Matic sangat terjangkau
  6. Sudah memenuhi standar JASO MB dan API SL
  7. Cocok untuk motor matic yang sering berlari pada kecepatan tinggi
  8. Suhu mesin selalu terjaga
  9. Kelebihan lain dari Enduro Matic adalah mengandung additive Molybdenum yang berguna untuk mengurangi gesekan pada temperature dan kecepatan tinggi.

Nah itulah beberapa kelebihan oli Enduro Matic 10W-30. Semua kelebihan tersebut menjadikan pelumas buatan Pertamina Lubricants ini sangat cocok untuk semua jenis motor matic, seperti Honda Beat, Yamaha Mio, Honda Vario, Yamaha FreeGo, Suzuki Nex, dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan untuk motor matic yang mengusng mesin 250cc ke atas kami sarankan memakai oli Shell Advance Ultra Matic yang dirancang untuk scooter bermesin besar.

Harga oli Enduro Matic memang lebih murah dibandingkan Shell Advance Ultra Matic. Pasalnya kedua oli tersebut menggunakan base oil yang berbeda. Dimana Shell Advance Ultra Matic sudah Full Synthetic, sedangkan Enduro Matic masih Oil Base III (synthetic). Meskipun begitu, kualitas Enduro Matic tetap sama baiknya dan diklaim dapat digunakan dijalan raya hingga jarak lebih dari 5.000 km. Nah berbekal semua kelebihan tersebut, lalu berapakah sebenarnya harga oli Enduro Matic ?

3. Daftar Harga Oli Enduro Matic

Harga Oli Enduro Matic

NoViscosityVolumeHarga 
1.Harga Enduro Matic 10W-30o.8 LiterRp. 37.000
2.Harga Enduro Matic 10W-301 LiterRp. 39.000
3.Harga Enduro Matic-G 20W-400.8 LiterRp. 34.000
4.Harga Enduro Matic-G 20W-401 LiterRp. 40.000

Seperti yang masbro lihat di atas, harga oli Enduro matic memang sangat terjangkau. Harganya dibanderol 30 Ribuan sampai 40 Ribuan. Harga di masing-masing toko juga bisa berbeda-beda, namun pastikan oli yang dibeli merupakan oli asli. Pasalnya saat ini ada banyak sekali oli oplosan yang pada dasarnya merupakan oli bekas, namun dipacking ulang layaknya oli baru. Nah untuk menghindari hal tersebut, lebih baik masbro membeli oli dibengkel resmi.

4. Bahaya Oli Enduro Matic Palsu

Beredarnya oli palsu atau oplosan memang sulit dicegah, karena dari segi packaging sangat mirip oli asli. Namun dari segi kualitas, tentu jauh berbeda. Oli palsu biasanya menggunakan oli berkualitas rendah yang efeknya bisa menimbulkan kerusakan pada mesin. Efeknya juga bermacam-macam, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Nah untuk mengetahui apa saja efeknya, silahkan simak dibawah ini.

  1. Suara mesin terdengar kasar
  2. Mesin menjadi cepat panas
  3. Oli bekas bisa merusak piston dan silinder
  4. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros
  5. Komponen mesin menjadi cepat aus, sehingga bisa berakibat turun mesin

Kualitas oli palsu jauh berbeda dibandingkan oli Enduro Matic asli yang sudah memenuhi standar JASO MB dan API SL. Alhasil oli palsu tidak akan melindungi mesin, melainkan merusak mesin.  Padahal kondisi mesin harus selalu dijaga, dan jangan sampai mengalami overheat. Apabila sudah terlanjur memakainya dan mesin motor menjadi overheat, maka simak informasi “cara mengatasi overheat pada motor” yang kami sampaikan sebelumnya

Baca Juga :  Harga Helm Full Face Murah Terbaik Terbaru 2019
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Oli Motul Harga Oli Yamalube
Harga Kiprok MotorHarga Master Rem Brembo 

Yah, kita harus hati-hati dalam membeli oli Enduro Matic. Kami sarankan jangan tergiur harga murah. Harga Oli Enduro Matic yang beredar dipasaran sekitar 30 Ribuan sampai 40 Ribuan, jadi apabila menjumpai yang harga oli Enduro Matic lebih murah dari itu, maka besar kemungkinan merupakan oli palsu. Nah demikianlah informasi kali ini, semoga informasi harga oli motor kali ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement