Harga Yamaha Soul GT 2018, Review, Spesifikasi & Modifikasi

Advertisement

Harga Yamaha Soul GT 2018 – Ada banyak sekali pilihan motor matic dari Yamaha. Nah salah satu yang terbaik adalah “All New Soul GT”. Motor ini tersedia dalam 2 varian berbeda, yaitu tipe AKS dan tipe AKS SSS. Keduanya sama-sama dibanderol Rp. 17 Jutaan, sehingga cukup terjangkau dan bisa menjadi alternatif selain Yamaha Mio S yang notabennya memiliki bodi lebih kecil. Desain All New Soul GT memang bongsor, namun tidak sebesar Yamaha NMAX ataupun Lexi. Sedangkan untuk dapur pacunya menggunakan mesin 125cc seperti yang digunakan Mio S dan sudah dilengkapi teknologi Blue Core untuk meningkatkan kinerja mesin.

Mesin All New Soul GT telah dilengkapi teknologi Blue Core yang membuat mesin lebih efisien, bertenagan dan handal. Tenaga dan torsi yang dikeluarkan cukup besar, sehingga bisa mendongkrak performa motor ini saat berakselerasi. Kemampuan mesin 125cc milik Yamaha memang sudah teruji, karena sudah menjadi standar wajib bagi motor matic Yamaha masa kini. Inilah yang membedakan Yamaha dan Honda, karena sampai saat Honda masih mengeluarkan motor matic bermesin 110cc. Bagi masbro yang tertarik membeli motor ini, silahkan simak ulasan spesifikasi dan harga Yamaha Soul GT pada artikel otomotifo.com berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Yamaha Soul GT 2018

Spesifikasi dan Harga Yamaha Soul GT

Spesifikasi dan Harga Yamaha Soul GT

Desain Yamaha Soul GT 2018

Dimensi1870mm X 685mm X 1070mm
Berat96 kg
Kapasitas Tangki4.2 L liter
Jarak Sumbu Roda1260 mm
Tinggi Tempat Duduk760 mm
Jarak Terendah ke Tanah135 mm
Kapasitas Tangki4.2 Liter
Kapasitas Bagasi14 Liter

Desain bongsor dengan lekukan bodi tajam membuat Yamaha Soul GT terlihat lebih sporty dibandingkan Yamaha Mio S ataupun Mio Z. Dimana untuk panjangnya memiliki ukuran 1.870 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.070 mm. Ukurannya hampir sama dengan Honda Vario 125, sehingga motor ini tetap nyaman dikendarai. Bahkan bobotnya sendiri cukup ringan, yakni seberat 96 kg. Kemudian untuk jarak sumbu rodanya berukuran 1.260 mm dan jarak terendah ke tanahnya mencapai 135 mm. Selain itu, motor ini memiliki tinggi tempat duduk 760 mm dari atas tanah yang membuatnya semakin nyaman dikendarai.Headlamp Soul GT

Advertisement

Yamaha All New Soul GT bisa menjadi alternetif selain Yamaha Lexi yang notabennya dibanderol lebih mahal dari harga Yamaha Soul GT 2018. Walaupun lebih murah, namun motor ini tetap memiliki lampu depan berteknologi LED yang menghasilkan cahaya lebih terang dan awet. Desain head light All New Soul GT terlihat sangat agresif dan dibawahnya terpasang lampu sein berukuran besar yang menambah kesan agresif pada tampilan luar All New Soul GT. Kemudian untuk bagian bagasi memiliki ruang penyimpanan hingga 14 Liter yang nantinya bisa kita gunakan untuk menyimpan satu buah helm.

Bagasi yang luas dan lega menjadi salah satu kelebihan All New Yamaha Soul GT. Bukan hanya itu saja kelebihannya, karena masih ada speedometer desain baru yang terlihat maskulin dan sporty. Speedometer tersebut juga menampilkan ECO Indicator yang bisa menjadi acuan untuk berkendara lebih irit dan ekonomis. Konsumsi bahan bakar motor ini memang cukup irit, berkat teknologi Blue Core yang berpadu dengan sistem pembakaran Fuel Injection. Sedangkan untuk dapur pacunya mengandalkan mesin SOHC berkapasitas 125ccy yang dilengkapi sistem pendingin udara.

Performa Yamaha Soul GT

Performa Yamaha Soul GT

Performa Mesin Yamaha Soul GT 2018

TipeAir cooled 4-stroke, SOHC, Single Cylinder
Kapasitas125 cc
Tenaga Maksimum7.0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum9.6 Nm / 5500 rpm
Sistem Bahan BakarFuel Injection (PGM-Fi)
Tipe StarterElectric & kick starter
Tipe TransmsiV-belt automatic
Bore X Stroke52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi9,5 : 1
Baca Juga :  10 Harga Moge Yamaha Terbaik Terbaru 2018

Sama halnya dengan Yamaha Mio S, motor ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 7 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi 9.6 Nm pada putaran 5.500 rpm. Walaupun cukup standar, namun mesin motor ini sangat responsif dan bisa diandalkan saat berakselerasi. Selain itu, All New Soul GT menggunakan transmisi bertipe V-Belt automatic yang menjadikan performa mesin semakin responsif. Untuk menghidupkan mesin telah tersedia starter bertipe Electric & Kick starter. Sayangnya motor ini belum mengadopsi teknologi SMG Starter yang berguna untuk menghaluskan mesin saat pertama kali di hidupkan.

Advertisement

Apabila memiliki lebih banyak uang, kami sarankan untuk membeli All New Soul GT AKS SSS yang telah dilengkapi fitur Stop & Start System (SSS). Fitur ini memiliki fungsi layaknya Idling Stop System pada motor matic Honda. Dimana fitur tersebut akan mematikan mesin motor secara otomatis ketika berhenti lebih dari 5 detik. Mesin akan langsung hidup saat masbro menarik tuas gas, sehingga konsumsi bahan bakar tidak akan terbuang sia-sia. Lalu ada pula fitur Advance Key System (AKS) yang teritegrasi pada fitur Answer Back System untuk mencari lokasi motor saat parkir.

Fitur Yamaha Soul GT

Fitur Yamaha Soul GT

Rangka dan Kaki-Kaki

RangkaUnderbone
Suspensi depanTeleskopik
Suspensi belakangLengan Ayun dengan Shockbreaker Tunggal
Ukuran Ban Depan80/80-14M/C 43P
Ukuran Ban Belakang100/70- 14M/C 51P
Rem DepanCakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem BelakangTromol

Kemudian pada bagian kaki-kaki menggunakan ban lebar yang membuat All New Soul GT lebih stabil dan membuat tampilan luarnya semakin gagah. Sayangnya ban tersebut belum tubeless, sehingga rawan bocor saat terkena paku ataupun benda tajam lainnya. Lalu ada pula velg ring 14 yang dipadukan dengan ban depan berukuran 80/80-14M/C 43P dan ban belakang 100/70- 14M/C 51P. Selanjutnya untuk bagian pengereman menggunakan rem depan cakram dan rem belakang tromol. Wajar apabila masih memakai rem tromol, karena harga Yamaha Soul GT 2018 dibanderol dibawah 20 Juta Rupiah.

Bagasi Soul GT

Advertisement

Harga Yamaha Soul GT 2018 yang murah membuat motor ini memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan yang paling mengecewakan tentu bannya. Seharusnya motor ini sudah memakai ban tubeless, seperti yang digunakan Yamaha Mio S. Alhasil kita harus membeli ban tubeless terpisah apabila ingin merasa nyaman dan aman saat mengendarai motor ini. Lalu untuk bagian suspensi memakai suspensi bertipe Teleskopik dan suspensi belakang Unit Swing dengan satu buah shockbreaker. Nah berbekal semua fitur tersebut, lalu berapakah sebenarnya harga Yamaha Soul GT 2018 ?

Harga Yamaha Soul GT Terbaru

Harga Yamaha Soul GT Terbaru

Daftar Harga Yamaha Soul GT 2018

Harga Yamaha Soul GT AKSHarga Yamaha Soul GT AKS SSS
Harga Yamaha Soul GT AKSHarga Yamaha Soul GT AKS SSS
Rp. 17.150.000Rp. 17.650.000
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Yamaha

Note :

  • Informasi harga Yamaha Soul GT di atas merupakan harga OTR Jakarta
  • Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Selisih antara harga Yamaha Soul GT AKS dan AKS SSS hanya 500 Ribu Rupiah. Selisihnya sangat sedikit, jadi lebih baik membeli tipe AKS SSS yang memiliki fitur lebih canggih. Bahkan untuk varian AKS SSS telah menggunakan velg racing berwarna emas yang membuatnya terlihat lebih sporty. Namun yang paling penting All Soul GT AKS SSS memiliki fitur Stop & Start System yang merupakan fitur eksklusif dengan sistem otomatis yang membuat mesin mati saat berhenti lebih dari 5 detik. Fitur ini membuat konsumsi bahan bakar lebih irit, sehingga lebih efisien dibandingkan varian AKS.

Baca Juga :  Harga Yamaha Fino 2018, Tipe Grande, Premium, dan Sporty

Gambar Modifikasi Yamaha Soul GT 2018

Kelebihan All New Yamaha Soul GT 2018

  • Harga Yamaha Soul GT cukup terjangkau dan bisa bersiang melawan Vario 125
  • Mengusung mesin 125cc yang dilengkapi teknologi Blue Core dan Fuel Injection, sehingga konsumsi bahan bakar semakin irit dan performa mesin semakin responsif
  • Tersedia ban lebar untuk menjaga kestabilan motor ini
  • Dilengkapi speedometer baru yang terlihat lebih modern dan multifungsi
  • Sudah menggunakan lampu depan berteknologi LED yang membuat penerangan di malam hari semakin maksimal
  • Memiliki ruang bagasi sangat luas dan bisa digunakan untuk menyimpan satu helm full face
  • Tersedia fiur ECO Indicator sebagai acuan untuk berkendara secara hemat
  • Untuk varian AKS SSS sudah dilengkapi fitur Smart Stop System yang membuat bahan bakar tidak terbuang sia-sia
  • Sistem keamanan motor ini didukung fitur Advance Key System yang bisa digunakan untuk mencari motor di parkiran dan membuka bagasi

Kekurangan All New Yamaha Soul GT 2018

  • Rem belakangnya masih tromol
  • Belum menggunakan ban tubeless

Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya

Motor Yamaha Jupiter Z1Harga Yamaha Jupiter Z1 Spesifikasi dan Harga Yamaha Vega ForceHarga Yamaha Vega Force
Harga Yamaha LexiHarga Yamaha Lexi Performa Yamaha Mio M3Harga Yamaha Mio M3 

Harga Yamaha Soul GT 2018 yang dibanderol 17 Jutaan cukup masuk akal dan bisa bersaing melawan Honda Vario 125 yang sama-sama mengusung mesin 125cc berteknologi Fuel Injection. Sayangnya motor ini kalah bersaing melawan Vario 125, karena sebagian besar masyarakat Indonesia melebih memiliki Vario 125. Namun bagi masbro yang menyukai motor matic Yamaha, maka motor ini bisa menjadi pilihan paling tepat. Kami sarankan untuk membeli varian AKS SSS, meski harga Yamaha Soul GT AKS SSS dibanderol lebih mahal.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi