Syarat Kredit Motor Adira Finance 2020 (Motor Baru dan Bekas)

Advertisement

Otomotifo.com Apa saja syarat kredit motor Adira Finance? Syarat yang dibutuhkan tidak berbeda jauh dengan perusahaan leasing lainnya, seperti FIF, WOM Finance, OTO Finance ataupun yang lainnya. Dimana syarat utamanya adalah harus memiliki penghasilan tetap dan memenuhi batas usia yang ditetapkan.

Pengajuan kredit motor dapat ditolak apabila tidak memenuhi syarat yang ditentukan. Adira Finance sendiri merupakan salah satu perusahaan pembiayaan kredit motor baru dan bekas terbesar di Indonesia. Ada dua jenis sistem pembiayaan yang disediakan, yakni konvesional dan syariah.

Perbedaan sistem kredit syariah dan konvesional terletak pada akad murabahah (akad jual beli) yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Dengan akad tersebut maka nasabah Adira Finance bisa terhindar dari Riba yang merupakan salah satu dosa besar dari Agama Islam.

Advertisement

Mungkin sebagian orang tidak peduli dengan Riba. Hal tersebut sah-sah saja, karena setiap orang memiliki kepercayaan masing-masing. Apapun sistem kredit yang dipilih, Adira Finance akan selalu memberikan kemudahan dalam kredit motor baru maupun bekas.

Sebelum kredit motor lewat Adira Finance kami sarankan untuk terlebih dahulu mengetahui syarat-syarat yang dibutuhkan. Adira sendiri membagi persyaratan kredit motor berdasarkan status pekerjaan pemohon yang dibagi menjadi Karyawan, Wiraswasta, Profesional, dan Perusahaan.

Syarat Kredit Motor Adira Finance

Syarat Kredit Motor Adira FinanceSemua orang berhak mengajukan kredit motor di Adira Finance. Namun belum tentu kredit akan diterima, karena harus terlebih dahulu memenuhi syarat kredit motor Adira Finance. Nah untuk mengetahui apa saja syaratnya silahkan simak di bawah ini.

Karyawan

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki pekerjaan tetap dan telah bekerja minimal 1 Tahun
  3. Usia minimal pemohon kredit motor adalah 21 tahun dan sudah menikah atau pernah menikah
  4. Menyerakan fotocopy KTP Pemohon dan KTP pasangan yang masih berlaku. Apabila belum menikah bisa menyerahkan fotocopy penjamin dalam hal ini orang tua.
  5. Menyerahkan fotocopy kartu keluarga atau surat nikah
  6. Menyerahkan bukti kepemilkan rumah (Rekening Listrik / Telepon / PAM / PBB / AJB)
  7. Menyerahkan fotocopy bukti penghasilkan berupa berupa Slip Gjai minimal 3 bulan terakhir
  8. Untuk kredit motor dengan harga lebih dari 50 Juta wajib menyerahkan fotocopy NPWP
  9. Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 55 tahun

Wiraswasta / Profesional

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Wajib memiliki usaha tetap yang sudah berjalan minimal 2 tahun
  3. Pemohon harus berusia minimal 21 tahun dan usia maksimal saat kredit lunas adalah 60 tahun
  4. Sudah menikah atau pernah menikah
  5. Menyerahkan fotocopy KTP Pemohon dan Pasangan. Jika belum menikah bisa menyerahkan fotocopy orang tua sebagai penjamin
  6. Menyerahkan bukti kepemilkan rumah (Rekening Listrik / Telepon / PAM / PBB / AJB)
  7. Menyerahkan fotocopy rekening tabungan atau rekening koran. Apabila tidak ada bisa menyerahkan kwintasi, bon-bon usaha atau rekap pendapatan usaha
  8. Foto tempat dan aktifitas usaha disertakan foto copy SIUP / TDP / TDR / SKDP / SITU / Asli surat keterangan usaha dari RT/RW/Kel/Kec. / Surat lapak / dokumen lain yang menunjukkan kepemilikan tempat usaha.
  9. Apabila harga kendaraan yang dikreditkan lebih dari 50 Juta maka wajib menyerahkan fotocopy NPWP
  10. Khusus untuk Profesional harus menyerahkan Rekening Tabungan / Rekening Koran / Rekap pendapatan praktel/profesi / Daftar pasien/klien

Perusahaan

  1. Lama usaha perusahaan minimal 2 tahun
  2. Fotocopy KTP Direktur/Komisaris/Pejabat lainnya sesuai akta yang berwenang
  3. Fotocopy akte Pendirian peusahaan, perubahan-perubahan, dan pengesahannya (bila ada)
  4. Fotocopy bukti usaha berupa TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
  5. Fotocopy SIUP (Surat Ijin Usaha dan Perdagangan) atau TDR (Tanda Daftar Rekanan) atau SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan) atau SITU (Surat Ijin Tempat Usaha) yang masih berlaku pada saat mengajukan kredit motor di Adira Finance
  6. Fotocopy bukti keungan berupa fotocopy rekening tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir. Selain itu pemohon juga bisa menyerahkan fotocopy laporan keungan perusahaan selama 1 tahun/periode terakhir
  7. Fotocopy NPWP
Baca Juga :  7 Komponen Rem Cakram dan Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor

Cara Kredit Motor Lewat Adira Finance

Setelah mengetahui semua syarat kredit motor Adira Finance, lalu bagaimana cara kredit motor baru ataupun bekas melalui perusahaan leasing tersebut? Cara termudah adalah dengan datang langsung ke dealer motor terdekat.

Biasanya setiap dealer memberikan beberapa opsi pembiayaan kredit. Adira Finance tentu salah satunya. Setelah memilih Adira Finance, kemudian kita harus menentukan jangka waktu kredit serta besaran Pembayaran Pertama (DP).

Perlu kalian ketahui bahwa minimal pembayaran pertama adalah 20% dari harga motor baru atau motor bekas. DP yang dibutuhkan memang cukup besar, namun masih dalam batas wajar.

Advertisement

Setelah menyepakati besaran DP dan jangka waktu kredit, maka akan ada petugas Survey dari Adira yang menentukan apakah pengajuan kredit motor dapat diterima atau tidak. Apabila diterima, maka tinggal membayar DP dan motor segera dikirim ke rumah.

Masih ada cara kredit motor Adira Finance yang bisa kalian coba, yakni melalui pengajuan online yang tersedia di situs resmi adira.co.id. Pada situs tersebut calon nasabah Adira Finance bisa memilih untuk kredit motor secara konvesional atau syariah.

Ada beberapa hal lain yang harus diisi, seperti nama, nomor telepon, domisili, kode pos, merk kendaraan dan keteragan kendaraan. Semua form harus diisi. Setelah itu tinggal menunggu pihak Adira Finance menindaklanjuti permohonan kredit.

Nah demikianlah syarat dan cara kredit motor Adira Finance. Perlu kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran DP minimal untuk kredit motor di Adira Finance adalah sebesar 20% dari harga kendaraan. Jadi apabia harga kendaraan Rp. 20 Juta maka DP minimalnya adalah Rp. 4 Juta.

Syarat kredit motor Adira Finance di atas juga bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk memastikannya kami sarankan untuk menghubungi Call Center Adira Finance di nomor 1500511. Cukup sekian informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.  Jangan lupa simak pula informasi sebelumnya mengenai cara cek pajak motor Jateng dan beragam informasi menarik lainnya.

Advertisement