Harga Yamaha R25 2018 : Spesifikasi & Review Terbaru

Advertisement

Harga Yamaha R25 2018 – Setelah menunggu sekali lama, akhirnya Yamaha merilis generasi terbaru dari Yamaha R25. Motor ini dirilis bertepatan dengan momen ulang tahun Yamaha YZF-R1 yang ke 20. Beberapa perubahan telah diterapkan, namun belum setotalitas Kawasaki saat meluncurkan Ninja 250 generasi terbaru yang mengalami perubahan total pada segi desain dan mesin.

Banyak orang berekspektasi tinggi terhadap Yamaha R25 generasi terbaru. Motor ini digadang-gadang mampu mengalahkan Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR yang saat ini mendominasi pasar motor sport 250cc. Untuk mengalahkan dua pesaingnya tersebut, tentu Yamaha R25 harus memiliki nilai jual lebih baik. Namun sayangnya motor ini masih menggunakan mesin yang sama.

Walaupun mesinnya sama, namun desain Yamaha R25 terbaru jauh berbeda. Motor ini terlihat lebih sporty dengan mengusung DNA Yamaha R Series senada dengan Yamaha R15, Yamaha R6, dan R1. Perubahan yang paling tampak hanya terlihat pada bagian depan. Sedangkan bagian belakang tetap samaa dengan R25 generasi sebelumnya yang memiliki buritan lancip dan memakai tail light LED.

Advertisement

Suspensi depan juga berubah dan diikuti tangki serta fairing samping. Beberapa fitur baru telah disematkan pada motor ini. Semuanya dirancang demi memenuhi ekspektasi pecinta otomotif yang berharap bisa mendapatkan motor sport 250cc yang lebih baik dari Ninja 250 maupun Honda CBR250RR. Lalu apakah ekspektasinya sesuai dengan realita yang kita inginkan ? Simak jawabannya di bawah ini.

REVIEW SPESIFIKASI YAMAHA R25

Spesifikasi Mesin

Spesifikasi dan Harga Yamaha R25

Spesifikasi dan Harga Yamaha R25

TipeLiquid cooled 4-stroke, DOHC, Inline 2-cylinder
Kapasitas250 cc
Daya Maksimum26,5 kW / 12000 rpm
Torsi Maksimum22.6 Nm / 10000 rpm
Bore × Stroke60,0 x 44,1 mm
Rasio Kompresi11,6 : 1
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe StarterElektrik
Tipe Transmsi6-speed

Entah kenapa Yamaha tetap mempertahankan mesin R25 lama untuk mempersenjatai motor ini. Mungkin hal ini sengaja dilakukan untuk menekan biaya produksi, sehingga harga Yamaha R25 tetap terjangkau. Pasti banyak orang yang kecewa akan keputusan ini. Pasalnya performa mesin R25 dibawah Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR yang lebih powerfull dalam hal tenaga serta torsi.

Apabila kita bandingkan dengan lawan-lawannya, mesin 2 Silinder yang dipakai Yamaha R25 hanya bisa mengeluarkan tenaga sebesar 26,5 kW pada 12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm. Sedangkan mesin Kawasaki Ninja 250 bisa memproduksi tenaga sebesar 28.5 kW pada 12.500 rpm dan torsi 23.5 Nm pada 10.000 rpm. Itu artinya tenaga dan torsinya jauh lebih kecil dibandingkan mesin Ninja 250.

Advertisement

Sebenarnya tenaga dan torsi yang dimiliki Yamaha R25 sudah lebih dari cukup untuk berakselerasi dengan sangat cepat. Lagi pula motor ini mengalami peningkatan top-speed sebesar 8 km/jam dikarenakan desain body baru yang mengalami penurunkan koefisien drag dari 0,347 menjadi 0,323. Performa tersebut juga tak lepas dari gearbox 6 percepatan serta sistem pembakaran Fuel Injection yang mengoptimalkan performa mesin R25.

Desain & Dimensi

Desain Yamaha R25 2018

Perubahan Desain Yamaha R25 Facelift

Panjang2090 mm
Lebar720 mm
Tinggi1135 mm
Berat166 kg
Kapasitas Tangki14 liter
Tinggi  Tempat Duduk780 mm
Jarak Sumbu Roda1380 mm
Ground Clearance160 mm

Kami akui desain Yamaha R25 facelift jauh lebih keren dibandingkan pendahulunya. Terutama pada bagian depan yang dibalut fairing baru dengan mengadopsi DNA Yamaha R Series. Sekarang desainnya menjadi mirip Yamaha R15 yang memiliki Air Scoop dibagian tengah yang berfungsi untuk menambah suplai udara ke ruang bakar. Air Scoop juga menambah estetika motor ini, sehingga terlihat keren layaknya motor balap.

Baca Juga :  Harga Motor RX King Terbaru 2018, Spesifikasi & Modifikasi

Mungkin Air Scoop yang dipakai Yamaha R25 hanya sebatas estetika saja, dan tak berperang penting dalam menyuplai udara. Kami rasa hal ini tak terlalu penting, karena yang terpenting adalah membuat tampilan Yamaha R25 semakin keren. Selain itu, tersedia pula headlamp ganda yang menghimpit air scoop. Headlamp yang dipakainya sudah Full LED, sehingga bisa memancarkan cahaya lebih terang, lebih hemat energi, dan tahan lama.

Advertisement
Speedometer Yamaha R25 Facelift

Speedometer Yamaha R25 Facelift

Salah satu fitur baru yang disematkan pada Yamaha R25 adalah lampu Hazard. Fitur ini berguna sebagai tanda keadaan darurat layakanya lampu Hazard pada mobil. Lalu untuk bagian tangki mendapatkan sentuhan baru dengan bentuk tangki yang lebih sporty dan bisa menampung bahan bakar hingga 14 liter, sama persis seperti Yamaha R25 versi terdahulu.

Pilihan Warna

Pembaharuan yang dilakukan Yamaha memang tak menyeluruh. Bahkan bodi belakangnya dibuat sama persis dengan R25 generasi sebelumnya yang memiliki sudut lancip dan sudah menggunakan stop lamp LED. Desainnya memang cukup keren,  namun menurut kami seharusnya motor ini memiliki bodi belakang berlubang mengikuti desain Yamaha R Series lainnya.

Motor sport Yamaha ini hadir dengan balutan 3 warna baru, yakni Racing Blue, Matte Red, dan Matte Black. Sedangkan untuk dimensinya memiliki ukuran panjang 2090 mm, lebar 720 mm, tinggi dan berat 166 kg. Dimensinya sama persis dengan R25 generasi pertama. Begitu pula dengan jarak sumbu rodanya yang mencapai 1.380 mm dan memiliki jarak terendah ke tanah 160 mm.

Suspensi & Rangka

Performa Yamaha R25 Facelift

Dibekali Upside Down berkelir Emas

RangkaDiamond
Suspensi depanUpside Down
Suspensi belakangSwing Arm + Monocross Twin-Tube
Ukuran Ban Depan110/70-17M/C (54S)
Ukuran Ban Belakang140/70-17M/C (66S)

Dikarenakan body belakangnya sama, jadi jangan heran apabila tinggi tempat duduknya juga sama. Dimana tingginya cuma 780 mm, sehingga ideal untuk masyarakat Indonesia yang rata-rata memiliki tinggi di bawah 170cm. Kemudian pada bagian kaki-kaki terpasang swing arm berbentuk kotak yang dipadukan dengan suspensi monoshock yang menjadikan handling lebih mantap dan stabil saat menikung.

Nah yang paling menarik dari Yamaha R25 generasi terbaru adalah memiliki garpu depan terbalik alias Upside Down. Suspensi tersebut dibalut warna emas dan akan menjadikan tampulan R25 terlihat semakin gagah saat dikendarai. Pemakaian Upside Down juga membuat handling lebih sempurna dan motor lebih stabil saat berakselerasi pada kecepatan tinggi.

Pemakaian Upside Down buatan Kayaba membuat harga Yamaha R25 terbaru menjadi lebih mahal dibandingkan seri sebelumnya. Walaupun begitu harga Yamaha R25 lebih murah dibandingkan lawan-lawannya yang memakai mesin 2 Silinder 250cc, seperti Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR. Lalu bagaimana dengan sektor pengeremannya ?

Sistem Pengereman

Desain Yamaha R25 Facelift

Belum Dibekali ABS

Rem DepanCakram Hidrolik, Piston Ganda
Rem BelakangCakram Hidrolik, Piston Tunggal
Sistem Pengereman

Sebanding dengan harga Yamaha R25 yang melebihi 50 Juta, kita akan mendapatkan rem cakram hidrolik yang terpasang pada roda depan dan roda belakang. Dimana untuk bagian depan memakai rem cakram berdiameter 298mm. Sedangkan untuk bagian belakang 220 mm. Keduanya dipadukan dengan velg ring 17 yang memiliki desain sama seperti velg R25 generasi sebelumnya.

Desain velgnya memang sporty, sehingga Yamaha tak perlu melakukan perubahan pada bagian velg. Begitu pula dengan bagian ban yang sudah menggunakan ban tubeless dengan profil cukup besar, sehingga berkendara bisa lebih stabil. Dimana untuk bagian depan memakai ban tubeless 110/70-17M/C 54H dan untuk belakang 140/70-17M/C 66H.

Fitur Andalan

Tampak Samping Yamaha R25 Facelift

Tampak Samping Yamaha R25 Facelift

Selain Upside Down, fitur andalan Yamaha R25 adalah speedometer full digital yang multifungsi dan bisa menampilkan informasi secara lengkap dan mudah terlihat. Fitur Shift Timing Light tetap dimilikinya dan berguna untuk memudahkan pengendara memperoleh performa optimal saat berpindah gigi. Fitur baru lainnya adalah tombol starter 3in1 yang terdiri dari cut, off, on dan terintegrasi pada Starter Engine layaknya sebuah moge.

Baca Juga :  Harga Honda Revo X 2018, Review, Spesifikasi dan Gambar

Sangat disayangkan motor ini belum dilengkapi fitur Riding Mode yang sudah dimiliki Honda CBR250RR. Yamaha juga belum melengkapinya dengan fitur Assist & Slipper Clutch yang sejatinya sudah dimiliki motor motor sport Yamaha yang dibanderol lebih murah dari harga Yamaha R25, seperti Yamaha R15, Yamaha MT-15, hingga Yamaha Vixion. Nah berbekal kelebihan dan kekurangan tersebut, lalu berapakah sebenarnya harga Yamaha R25 ?

DAFTAR HARGA YAMAHA R25 TERBARU

Harga Yamaha R25

Berapakah Harga Yamaha R25 Terbaru ?

Harga Yamaha R25 Baru

Harga Yamaha R25 Non ABSRp 58,600,000
Harga Yamaha R25 ABS
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Yamaha

Yamaha langsung mengumumkan harga Yamaha R25 terbaru saat peluncurannya. Motor ini akan dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp. 58.6 Juta (OTR Jakara). Banderol tersebut masih berada dibawah pesaing terdekatnya yang sama-sama memakai mesin 2 Silinder 250cc, seperti Kawasaki Ninja 250 dengan harga Rp. 61.9 Juta dan Honda CBR250RR sekitar Rp. 59.9 Juta.

Harga Yamaha R25 terbaru naik sekitar Rp. 1.5 Juta dibanding model sebelumnya. Kenaikan ini tak lepas dari penambahan Upside Down dan beberapa fitur baru yang disematkan pada R25. Sayangnya untuk saat ini Yamaha R25 hanya tersedia dalam varian Non-ABS. Semoga kedepannya Yamaha meluncurkan varian ABS yang memiliki sistem pengereman lebih mumpuni.

Harga Yamaha R25 Bekas

Apabila membeli Yamaha R25 bekas, maka masbro akan mendapatkan motor dengan berbagai pilihan grafis seperti gambar di atas. Sekarang harga Yamaha R25 bekas juga sangat murah. Dipasaran motor bermesin 2 Silinder ini dibanderol sekitar Rp. 35 Jutaan sampai Rp. 43 Jutaan tergantung dari kondisi motor serta tahun produksinya. Semakin baik kondisinya tentu semakin harganya. Harga jual kembalinya memang sangat turun, jadi pertimbangan dahulu sebelum membeli R25 generasi terbaru.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN YAMAHA R25

Sistem Pengereman Yamaha R25

Kesimpulan Review All New Yamaha R25

Kelebihan

  • Desain bodynya mengadopsi DNA Yamaha R Series, sehingga terlihat lebih sporty dan modern
  • Tersedia mesin 2 Silinder 250cc yang bisa mengeluarkan tenaga dan torsi berlimpah saat diajak berakselerasi
  • Top Speed Yamaha R25 generasi terbaru mengalami peningkatan mencapa 8 km/jam
  • Memiliki lampu depan Full LED yang bisa menghasilkan pencahayaan yang lebih terang, tajam dan fokus.
  • Dibekali lengan ayun Asimetris yang terbuat dari baja, sehingga lebih kuat dan kokoh. Suspensinya juga dioptimalkan oleh Monocross Twin-Tube yang membuat handling lebih mantap dan stabil.
  • Sudah menggunakan suspensi Upside Down yang menjadikan pengendalian motor lebih stabil
  • Lampu belakang sudah full LED
  • Tersedia knalpot compact yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil
  • Mesinnya sudah dilengkapi teknologi Fuel Injection
  • Memakai rem cakram pada bagian depan dan belakang
  • Harga Yamaha R25 lebih murah dibandingkan Ninja 250 atau CBR250RR
  • Speedometernya dilengkapi Shifting Timing Light dan sudah memakai speedometer full digital

Kekurangan

  • Tidak ada fitur riding mode
  • Belum mendukung fitur Assist & Sliper Clutch
  • Harga jual kembalinya sangat rendah

Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya

Yamaha Mio SYamaha FinoYamaha XMAX 250
Yamaha Aerox 155Yamaha Vixion RYamaha X Ride 125

Selain All New Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25 masih ada satu lagi pilihan motor sport full fairing, yaitu Honda CB250RR. Sejatinya CB250RR lebih kaya fitur, karena motor ini telah mendukung fitur Riding Mode dan suspensi depan Upside Down yang tidak dimiliki lawan-lawannya. Walaupun memiliki fitur lebih lengkap, namun harganya lebih mahal dibandingkan harga Yamaha R25. Jadi bagi masbro yang ingin menghemat budget dan menginginkan motor 2 Silinder terbaik, maka R25 merupakan pilihan paling tepat.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi