Harga Mio Z 2018, Review, Spesifikasi & Modifikasi

Advertisement

Harga Mio Z 2018 – Satu lagi motor matic murah di tahun 2018, yaitu “Yamaha Mio Z”. Masbro cukup mengeluarkan uang 15 Jutaan untuk mendapatkan motor matic 125cc ini. Kapasitas mesinnya lebih besar dibandingkan All New Honda Beat yang dibanderol setara. Tentu hal ini berimbas pada performa yang dimiliki Mio Z, sehingga bisa berlari lebih cepat dibandingkan Honda Beat. Beragam fitur canggih juga dimilikinya dan didukung desian menawan yang terlihat sporty, stylish, dan elegan.

Tersedia tiga pilihan warna menarik yang siap dipilih konsumen, yakni warna Special Gold, Hitam Zagoan, dan Merah Zuper. Setiap warnanya terlihat keren dan gaya dengan sentuhan warna doff yang sedang menjadi trend saat ini. Sayangnya harga Mio Z yang murah membuatnya memiliki beberapa kekurangan, seperti belum memakai lampu LED dan tidak ada fitur answer back system. Masih tertarik membelinya ? Nah untuk mengetahui berapa sebenarnya harga Mio Z 2018, silahkan simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Mio Z 2018

Spesifikasi dan Harga Mio Z

Spesifikasi dan Harga Mio Z

Desain Yamaha Mio Z 2018

Dimensi1870 x 685 x 1035 mm
Berat94 kg
Kapasitas Tangki4.2 L liter
Jarak Sumbu Roda1260 mm
Tinggi Tempat Duduk750 mm
Jarak Terendah ke Tanah135 mm

Harga Mio Z 2018 lebih murah dibandingkan Honda Vario 125 yang sama-sama mengusung mesin 125cc. Dari segi desain memang lebih bagus Vario 125, karena menurut kami terlihat lebih modern dan sudah menggunakan lampu depan Full LED. Sedangkan Yamaha Mio Z masih menggunakan lampu standar yang disampingnya terpasang lampu sein. Untungnya desain Mio Z tetap stylish dan dibalut striping keren yang terlihat sporty. Lalu untuk bodinya memiliki ukuran panjang 1.870 mm, lebar 685 mm, dan ketinggian 1.035 mm.

Advertisement

Jarak antar sumbu rodanya mencapai 1260 mm dan memiliki jarak terendah ke tanah 135 mm. Bodinya lebih kecil dibandingkan Vario 125, sehingga bobotnya cuma 94 kg. Motor ini lebih pantas bersaing melawan Honda Beat eSP ataupun Honda Beat Pop yang sama-sama ringan dan memiliki desain compact yang mudah diajak bermanuver. Di bawah jok Yamaha Mio Z telah tersedia tangki bensin berkapasitas 4.2 Liter dan bagasi yang cukup besar untuk menampung barang bawaan. Kemudian untuk tinggi tempat duduknya sekitar 750 mm.

Review Yamaha Mio Z

Review Yamaha Mio Z

Performa Mesin Yamaha Mio Z 2018

TipeAir cooled 4-stroke, SOHC, Single Cylinder
Kapasitas125 cc
Tenaga Maksimum7.0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum9.6 Nm / 5500 rpm
Sistem Bahan BakarFuel Injection (PGM-Fi)
Tipe StarterElectric & kick starter
Tipe TransmsiV-belt automatic
Bore X Stroke52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi9,5 : 1

Mesin SOHC 125cc akan dioptimalkan oleh sitem pendingin udara (Air Cooled) yang membuat suhu mesin selalu stabil. Mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 7.0 kW yang diraih pada putaran mesin 8.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya mencapai 9.6 Nm pada putaran 5.500 rpm. Tenaganya ama persis dengan Yamaha Mio S, karena keduanya sama-sama menggunakan teknologi Blue Core yang membuat kinerja mesin semakin bertenaga, handal, dan semakin efisien bahan bakar.

Teknologi Blue Core membuat motor matic Yamaha lebih irit 50% dibandingkan dengan mesin karburator Yamaha tahun 2008. Untuk menjaga konsumsi bahan bakar tetap irit Yamaha melengkapi Mio Z dengan fitur ECO Indicator yang akan mengingatkan pengendara untuk berkendara dalam kecepatan stabil dan konstan pada 20-60 km/jam. Kemudian untuk transmisinya dilengkapi V-belt automatic yang membuat performa mesin semakin responsif. Lalu ada pula kopling bertipe Dry, Centrifugal Automatic dan starter bertipe Electric & Kick Starter.

Baca Juga :  7 Motor Matic Suzuki Terbaru dan Terbaik 2018
Advertisement
Fitur Yamaha Mio Z

Fitur Yamaha Mio Z

Rangka dan Kaki-Kaki

RangkaUnderbone
Suspensi depanTeleskopik
Suspensi belakangLengan Ayun dengan Shockbreaker Tunggal
Ukuran Ban Depan80/80-14 M/C 43P (Belum Tubeless)
Ukuran Ban Belakang100/70-14 M/C 51P (Belum Tubeless)
Rem DepanCakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem BelakangTromol

Selanjutnya untuk bagian kaki-kaki, Yamaha menggunakan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang Unit Swing yang dipadukan dengan satu buah shockbreaker. Suspensinya tergolong nyaman untuk sebuah motor 15 Jutaan, sehingga motor ini bisa diandalkan untuk berkendara setiap harinya. Harga Mio Z 2018 yang murah memang membatasi fitur dan spesifikasinya. Terbukti motor ini masih menggunakan rem belakang tromol (Drum Brake). Sedangkan untuk bagian belakang sudah mengunakan rem cakram.

Fitur Mio Z

Ban tapak lebar yang berpadu dengan velg lebar membuat Yamaha Mio Z semakin stabil dan nyaman dikendarai. Dimana untuk ukuran ban depan adalah 80/80-14 M/C 43P dan ban belakangnya 100/70-14 M/C 51P. Sayangnya motor ini belum menggunakan ban tubeless. Inilah salah satu faktor yang membuat harga Mio Z 2018 lebih murah dibandingkan Mio S. Namun selisih harganya sangat sedikit, jadi menurut kami lebih baik membeli Yamaha Mio S yang notabennya merupakan salah satu motor terbaru 2018 di Indonesia.

Advertisement

Fitur lainnya dari Yamaha Mio Z adalah dilengkapi Multifunction Key yang bisa digunakan sekaligus untuk membuka jok, mengunci stang, dan dilengkapi pengaman lubang kunci bermagnet. Lalu ada pula fitur Smart Side Stand Switch yang berguna untuk mematikan mesin secara otomatis ketika standar samping diturunkan. Apabila standar samping belum dinaikan motor tidak akan hidup. Alhasil fitur ini akan menjaga keamanan dan keselamatan pengendara, sehingga tidak lupa menaikan standar samping setelah parkir. Lalu berapakah sebenarnya harga Mio Z di tahun 2018 ?

Harga Mio Z Terbaru

Harga Mio Z Terbaru

Daftar Harga Mio Z 2018 Terbaru

Harga Yamaha Mio Z BaruRp. 15.600.000
Harga Yamaha Mio Z BekasRp. 8 Jutaan – Rp 11 Jutaan
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Yamaha

Note :

  • Informasi harga Mio Z 2018 diatas dapat berubah sewaktu-waktu
  • Beda kota kemungkinan berbeda pula harganya, karena harga di atas merupakan harga Mio Z OTR Jakarta

Seperti yang kami sampaikan di atas, harga Mio Z cuma 15 Jutaan atau lebih tepatnya 15.6 Juta Rupiah. Harga Yamaha Mio 2018 ini cukup terjangkau dan bisa bersaing melawan All New Honda Beat eSP yang notabennya memiliki kapasitas mesin lebih kecil. Berbekal mesin 125cc, tentunya tenaga dan torsi Mio Z lebih besar dibandingkan motor matic Honda Beat. Hal ini akan berimbas pada performa dan kecepatan yang dimiliki motor ini, sehingga bisa berlari lebih cepat mengalahkan motor matic yang masih menggunakan mesin 110cc.

Gambar Modifikasi Yamaha Mio Z 

Kelebihan Motor Yamaha Mio Z 

  • Desainnya sangat stylish dan terlihat elegan
  • Dibalut bodi minimalis yang ringan dan mudah dikendarai
  • Memiliki fitur ECO Indicator yang memastikan berkendara selalu irit bensin
  • Tersedia teknologi Blue Core yang berpadu dengan mesin 125cc, sehingga performa mesin semakin powerfull dan handal
  • Konsumsi bahan bakar tergolong irit
  • Sudah menggunakan ban tapak lebar yang membuat Mio Z semakin stabil dan nyaman
  • Dilengkapi fitur Smart Lock agar motor tidak mundur saat parkir di tanjakan
  • Dibekali bagasi luas hingga kapasitas 10 Liter
  • Sistem keamanan motor ini dioptimalkan oleh Multifunction Key yang bisa digunakan untuk menghidupkan motor, membuka jok, mengunci stang, dan dilengkapi pengaman lubang kunci.
  • Memiliki fitur Smart Side Stand Switch yang membuat motor tidak akan hidup saat standar samping belum dinaikan
Baca Juga :  Harga Benelli Motobi 152 2018 : Review & Spesifikasi

Kekurangan Motor Yamaha Mio Z 

  • Belum menggunakan lampu berteknologi LED
  • Ban yang dimilikinya belum Tubeless, sehingga rawan bocor saat terkena paku
  • Rem belakangnya masih tromol

Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya

Harga Yamaha XabreHarga Yamaha MT 25
Yamaha Nmax 2018Harga Yamaha Nmax 2018Yamaha R25Harga Yamaha R25
Harga Yamaha Mio SHarga Yamaha Aerox 155

Harga Mio Z 2018 yang murah membuatnya cukuk laris di Indonesia. Motor ini bisa menjadi solusi bagi masbro yang mencari motor matic murah dengan harga 15 Jutaan. Terlebih motor ini dilengkapi mesin berkapasitas 125cc yang bertenaga dan hemat bahan bakar, sehingga bisa diandalkan sebagai kendaraan harian. Nah demikianlah informasi mengenai spesifikasi dan harga Mio Z 2018. Semoga informasi diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi masbro yang ingin membeli motor matic Yamaha.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi