Harga Yamaha XTZ 250 2019 : Review, Spesifikasi & Gambar

Advertisement

Harga Yamaha XTZ 250 – Pasar motor Adventure di Indonesia sedang berkembang pesat. Tercatat sudah ada Kawasaki Versy-X, Honda CRF250 Rally, Viar Vortex 250, dan yang terbaru adalah Benelli TRK 251. Semuanya sama-sama bersaing dikelas 250cc dengan menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah agar tak kalah dari rival-rivalnya, Yamaha sudah mempersiapkan motor adventure baru yang mereka namai “Yamaha XTZ 250”.

Hadirnya Yamaha XTZ 250 akan menambah ramai persaingan motor Adventure di Indonesia. Sudah sejak lama pecinta otomotif tanah air menunggu kedatangan motor Adventure Yamaha. Sebenarnya pabrikan berlogo garpu tala ini sudah menjual Yamaha WR250R secara resmi di Indonesia, namun motor tersebut berstatus CBU sehingga harganya terlalu mahal apabila dibandingkan dengan motor adventure 250cc sekelasnya.

Spesifikasi dan Harga Yamaha XTZ 250Spesifikasi dan Harga Yamaha XTZ 250

Review Yamaha XTZ 250

Berbeda dengan Yamaha WR250R yang lebih cenderung berada di kelas motor trail dan berhadapan dengan Kawasaki KLX 250, maka Yamaha XTZ 250 dipersiapkan secara khusus untuk bersaing melawan Honda CRF250 Rally yang terlebih dahulu hadir di Indonesia. Keduanya memiliki kemampuan menjelajah setara yang bisa diandalkan untuk melewati medan off-road maupun on-road dan sama-sama ditenagai mesin 1 Silinder 250cc.

Advertisement

Sebenarnya Yamaha XTZ 250 bukan motor baru. Motor ini sudah ada sejak tahun 2006, namun pemasarannya hanya terbatas di Brazil. Sekarang PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berencana memasukan motor ini ke Indonesia agar bisa bersaing melawan Honda dan beragam pabrikan lainnya. Nah bagi masbro yang penasaran ingin mengetahui kehebatan motor Adventue Yamaha tersebut, silahkan simak informasi spesifikasi dan harga Yamaha XTZ 250  berikut ini.

Spesifikasi Mesin

Desain Yamaha XTZ 250Salah satu faktor yang menyebabkan harga Yamaha XTZ 250 layak dibanderol mahal adalah mesinnya. Motor ini sudah mengadopsi teknologi Fuel Injection yang mengoptimalkan performa mesin 1 Silinder SOHC berkapasitas 249.5cc. Mesin tersebut diklaim mampu memuntahkan tenaga sebesar 20.9 Horsepower dan torsi maksimum mencapai 20.6 Nm. Selain itu, tersedia pula sistem pendingin udara dan sistem transmisi manual 5 percepatan yang membuatnya bisa berlari hingga kecepatan 135 km/jam.

Performa mesinnya tergolong bertenaga, namun belum cukup untuk menandingi Honda CRF250 Rally yang dibekali mesin DOHC berkapasitas 249.6cc dengan tenaga sebesar 24.4 Horsepower dan torsi 22.6 Nm. Honda CRF250 Rally juga memiliki sistem transmisi 6 percepatan dan sudah menggunakan sistem pendingin cairan (Liquid Cooled). Yah, tenaga dan torsi Yamaha XTZ 250 memang lebih kecil, karena notabennya masih memakai mesin generasi sebelumnya.

Advertisement

Desain

Lampu Yamaha XTZ 250Lawan Yamaha XTZ 250 tak hanya dari kubu honda, karena masih ada Kawasaki Versy-X 250 yang menjadi satu-satunya motor Adventure 250cc dengan mesin 2 Silinder. Walaupun kalah dari segi mesin, namun Yamaha XTZ 250 memiliki keunggulan dari segi desain. Dimana pada bagian depan telah terpasang headlamp berteknologi LED dengan fitur LED Position Light yang dirancang dengan desain agresif, gahar, dan modern.

Secara kasat mata, desain motor Adventure ini kental dengan aura motor trail. Namun desainnya jauh lebih modern dibandingkan motor trail pada umumnya. Sebagai buktinya adalah pemakian lampu berteknologi LED yang terpasang Head Lamp dan Stop Lamp. Desain lampu depannya juga keren dan dilengkapi fitur LED Position Light yang berada di cover bagian atas. Lalu untuk bagian belakang dibuat simple dengan lampu sein terpisah.

Baca Juga :  Harga Yamaha Niken 2019, Motor Roda Tiga Yamaha Tercanggih

Gambar Motor Trail Yamaha XZT 250Tangki bekapasitas 13.6 Liter semakin menguatkan karakter Yamaha XTZ 250 sebagai motor Adventure. Kapasitas tangkinya lebih besar dibandingkan CRF250 Rally yang memiliki tangki berkapasitas 10.1 Liter. Alhasil motor ini memiliki daya tempuh lebih jauh, sehingga memaksimalkan kenyamanan saat berpetualang. Sayangnya motor ini tidak dilengkapi Windshield tinggi yang rata-rata dimiliki para rivalnya di kelas motor Adventure.

Advertisement

Dibawah headlamp Yamaha XTZ 250 terpasang slebor bergaya moncong bebek yang menjadi ciri khas motor Adventure. Selain itu, tersedia pula cover shockbreaker depan yang dibalut warna hitam dan terlihat menyatu dengan slebor depan. Lalu untuk bagian samping memiliki Shroud berukuran besar dengan sudut-sudut lancip yang membuatnya semakin aerodinamis. Selanjutnya untuk bagian belakang memiliki jok yang lebar dan empuk serta dilengkapi pegangan tangan (behel).

Suspensi

Suspensi Yamaha XTZ 250Bisa dikatakan desain Yamaha XTZ 250 sangat keren. Namun ada satu kekurangan pada motor ini, yaitu belum memakai suspensi depan Upside Down. Sebagai gantinya Yamaha membekali XTZ 250 dengan suspensi depan teleskopik yang dilindungi cover berwarna hitam. Semoga saja untuk pasar Indonesia suspensinya berbeda dan sudah menggunakan Upside Down yang menjadi standar wajib bagi motor adventure di kelas 250cc.

Sebanding dengan harga Yamaha XTZ 250, motor ini sudah menggunakan suspensi Monoshock yang dipadukan dengan Swing Arm bebentuk kotak untuk meningkatkan kestabilan saat berakselerasi. Kami yakin suspensinya bisa diatur tingkat kekerasannya sehingga bisa disesuaikan dengan kenyamanan pengendara XTZ 250. Di sisi lain tersedia pual ban dual purpose Metzeler Tourance berukuran 80/90-R21 depan dan 120/80-R18 belakang.

Pengereman

Rem Yamaha KTZ 250Beralih ke sektor pengereman, Yamaha XTZ 250 memakai rem cakram hidrolik dengan ukuran 245 mm depan dan 203 mm belakang. Kedua rem tersebut dioptimalkan oleh fitur keselamatan Anti-Lock Breaking System (ABS) yang akan mencegah roda mengunci saat mengerem mendadak. Sayangnya fitur ABS kurang cocok untuk berkendara di medan offroad. Jadi harapakan kami semoga motor ini memiliki Switch untuk menonaktifkan ABS.

Teknologi ABS memang sangat diperlukan untuk menjaga keselamatan pengendara XTZ 250, terutama saat berakselerasi di jalan raya pada kondisi basah. Terlebih kedua remnya juga sudah menggunakan cakram hidrolik sehingga bisa mengoptimalkan kestabilan pengereman roda depan dan belakang. Selain itu, Yamaha XTZ 250 memakai rangka bertipe Semi Double Cradle yang membuatnya lebih stabil dan memiliki bobot sangat ringan.

Fitur

Speedometer Yamaha XTZ 250Yamaha sangat memperhatikan kenyamanan pengendara XTZ 250. Oleh karena itulah motor ini dibuat seringan mungkin dengan bobot sekitar 143 kg. Tak berhenti sampai disitu saja kelebihannya, karena masih ada fitur Speedometer Full Digital yang akan menampilkan beragam informasi seperti kecepatan, sisa bahan bakar, rpm, hingga jarak tempuh. Nah berbekal semua fitur tersebut, lalu berapakah sebenarnya harga Yamaha XTZ 250 di Indonesia ?

Spesifikasi Yamaha XTZ 250Harga Motor Yamaha XTZ 250

DIMENSI 
Tangki Bensin13.6 Liter
Berat143 kg
MESIN
Tipe Mesin4-Stroke, SOHC, Two Valves
Sistem PendinginAir Cooled
Kapasitas Mesin249,5 cc
Tenaga20,9 Hp
Torsi20,6 Nm
Sistem PembakaranFuel injection
Transmisi5-speed
StarterElectric
Bore X Stroke74 mm x 58 mm
Rasio Kompresi9.8: 1
Tipe KoplingMulti-disc wet
Sistem PengapianTCI
KAKI-KAKI
RangkaSemi Double Cradle
Ban Depan80/90- R21
Ban Belakang120/80-R18
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangMonocross
PENGEREMAN
Sistem PengeremanABS
Rem DepanSingle Disk 245 mm
Rem BelakangSingle Disc 203 mm
Baca Juga :  Harga Motor Sport 250cc Murah Terbaru Januari 2019

Setelah menyimak ulasan spesifikasi di atas, pasti masbro penasaran ingin mengetahui harga Yamaha XTZ 250. Yah, motor ini memang sangat menarik dan bisa menjadi alternatif selain Honda CRF250 Rally maupun motor Adventure 250cc sekelasnya. Terlebih Yamaha telah melengkapinya dengan beragam fitur baru, seperti sistem pengereman ABS, speedometer full digital, dan sistem pencahayaan LED. Nah bagi masbro yang penasaran ingin mengetahui harga Yamaha XTZ 250, silahkan simak daftar harga berikut ini.

Daftar Harga Yamaha XTZ 250Harga Yamaha XTZ 250

Harga Yamaha XTZ 250 BaruRp. –
Harga Yamaha XTZ 250 BekasRp. –
Lihat Harga Motor Yamaha Terbaru Di Sini

Melihat spesifikasi dan fitur yang dimilikinya, tentu harga Yamaha XTZ 250 cukup mahal. Perkiraan kami harga Yamaha XTZ 250 di Indonesia akan dibanderol sekitar 50-60 Jutaan. Harga tersebut sebanding dengan kemampuan XTZ 250 yang menawarkan performa mesin bertenaga dan didukung beragam fitur canggih yang menjadikannya sebagai salah satu motor Adventure terbaik di dunia. Lalu apakah harganya lebih mahal dari CRF250 Rally ?

Pihak Yamaha Indonesia memang belum mengeluarkan informasi resmi mengenai harga Yamaha XTZ 250 di Indonesia. Semoga saja harganya lebih murah dibandingkan Honda CRF250 Rally yang saat ini dipasarkan dengan harga 71 Juta Rupiah. Yamaha tentu sudah memikirkan strategi agar motor ini bisa diterima konsumen tanah air. Salah satunya adalah dengan cara membanderol harga Yamaha XTZ 250 lebh murah dari CRF250 Rally.

Pilihan Warna

Motor ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Hitam, Biru, dan Putih. Tidak menutup kemungkinan untuk pasar Indonesia memiliki warna berbeda. Namun soal desain kami yakin tetap sama, karena sudah terlihat sangat keren. Nah yang perlu dirubah dari motor ini adalah suspensi depan, karena seharusnya memakai Upside Down agar bisa meningkatkan kestabilan akselerasi dan membuat tampilan Yamaha XTZ lebih garang.

Kelebihan

  • Desain modern dan terlihat agresif dengan hadirnya headlamp berteknologi LED
  • Dibekali sistem pengereman ABS (Anti-Lock Breaking System)
  • Sudah menggunakan panel meter full digital yang menjadikannya terlihat lebih modern
  • Memiliki tangki bahan bakar berkapasitas besar
  • Dibekali mesin 250cc yang bertenaga dan responsif
  • Kedua remnya sudah menggunakan cakram hidrolik yang dijamin pakem
  • Menggunakan suspensi belakang Monocross untuk meningkatkan kestabilan saat berakselerasi
  • Bobot motor Adenture ini sangat ringan
  • Posisi berkendara sangat nyaman dan memiliki handling yang ringan
  • Bisa diandalkan untuk menjelajak semua medan

Kekurangan

  • Suspensi depannya belum Upside Down
  • Meski performa mesinnya bertenaga, namun tenaga dan torsinya masih kalah dari Honda CRF250 Rally
  • Belum menggunakan sistem pendingin cairan
  • Hanya memiliki transmisi 5 percepatan
Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya
Harga Yamaha FreeGo S VersionHarga Yamaha FreeGo ABSSpesifikasi dan Harga Yamaha R25Harga Yamaha R25 
Gambar Yamaha FreeGoHarga Yamaha FreeGo Non-ABSHarga Motor Yamaha NMAX 155Harga Yamaha NMAX

Note :

  • Informasi spesifikasi dan harga Yamaha XTZ 250 di atas bisa berubah sewaktu-waktu
  • Motor ini belum dipasarkan secara resmi di Indonesia

Walaupun belum ada informasi resmi mengenai harga Yamaha XTZ 250 di Indonesia, namun kami yakin harganya akan lebih murah dari Honda CRF250 Rally maupun Kawasaki Versy-X. Mari kita sama-sama menunggu kehadiran motor ini di Indonesia, dan semoga saja harganya benar-benar murah, sehingga bisa bersaing di pasar motor Adventure tanah air yang sudah terisi penuh dengan beragam motor Adventure berkualitas dari berbagai pabrikan ternama.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi