12 Motor Paling Irit 2017 Terbaru Di Indonesia

Advertisement

Motor Paling Irit – Sudah banyak informasi seputar sepeda motor yang kami sampaikan pada artikel otomotifo.com sebelumnya. Nah kali ini kami akan memilih 12 motor paling irit di Indonesia yang bisa menjadi pilihan utama bagi masbro yang selalu mengedepankan efesiensi dalam berkendara. Semua motor yang kami rekomendasikan telah dilengkapi teknologi Fuel Injection yang membuat konsumsi bahan bakar smakin efisien dan mengoptimalkan performa mesin agar bisa berlari semakin cepat dan responsif.

Sebagai seorang yang mengandalkan sepeda motor sebagai transportasi sehari-hari, tentu kita membutuhkan sepeda motor irit bensin yang tidak membuat kantong jebol. Terlebih harga bensin terus naik, karena pemerintah Indonesia telah mengalihkan subsidi BBM untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur, anggaran pendidikan, dan bantuan sosial. Bagi sebagian orang hal ini bukan menjadi masalah berarti. Namun bagi masyarakat kecil, pencabutan subsidi BBM membuat hidup semakin susah.

Semakin mahalnya harga BBM harus diimbangi dengan kendaraan yang irit bahan bakar. Untungnya di Indonesia ada banyak sekali motor irit bensin yang bisa menempuh puluhan kilometer dengan 1 liter bensin. Kita hanya tinggal memilihnya sesuai dengan budget yang kita miliki. Tidak hanya membeli motor bebek, kita juga bisa membeli motor bebek dan motor matic yang sama-sama memiliki konsumsi bahan bakar sangat irit.

Advertisement

Selain teknologi injeksi, kapasitas mesin juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar sebuah sepeda motor. Apabila masbro membeli motor 110cc, pasti konsumsi bahan bakarnya lebih irit dibandingkan motor 125cc, 150cc, atau bahkan 150cc. Namun kita harus pintar memilih motor yang akan kita beli, karena tidak semuanya memiliki konsumsi bahan bakar yang sama. Nah untuk mencari motor paling irit terbaik di Indonesia, silahkan simak informasi yang kami rangkum dibawah ini.

Daftar Motor Paling Irit Di Indonesia

Motor Paling Irit BBM Di Indonesia

Motor Paling Irit BBM Di Indonesia

1. Suzuki Nex FI

Apabila mencari sepeda motor paling irit bensin, maka pilihan paling tepat adalah Suzuki Nex. Motor ini berhasil mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai motor matic paling irit di Indonesia. Berbekal teknologi SUPER FI (Suzuki Performance Fuel Injection) dan mesin berkapasitas 113cc, Suzuki Nex bisa menembus 109.8 kilometer dengan satu liter bensin. Tak hanya itu saja kelebihannya, motor paling irit ini juga memiliki bodi ramping yang membuatnya mudah diajak bermanuver.

2. All New Honda Scoopy

All New Honda Scoopy

All New Honda Scoopy

Konsumsi bahan bakar All New Honda Scoopy juga sangat irit. Saat pengetesan Euro 3, motor ini bisa menempuh jarak 59 km dengan satu liter bensin. Bahkan saat pengetesan Euro 2 mencapai 61.9 km/liter. Konsumsi bahan bakar yang irit tetap membuatnya memiliki performa mesin powerfull. Pasalnya  motor paling irit bensin ini memiliki mesin 110cc berpendingin udara dan dilengkapi teknologi eSP yang bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 9.1 PS pada 7.500 rpm dan torsi mencapai 9.4 Nm pada 6.000 rpm.

Advertisement

3. All New Honda Beat

All New Honda Beat

All New Honda Beat

Honda memiliki teknologi Idling Stop System yang membuat konsumsi bahan bakar motor matic Honda semakin irit. Salah satu motor yang memakainya adalah All New Honda Beat eSP. Teknologi tersebut akan berpadu dengan teknologi Enhanced Smart Power (eSP) dan sistem pembakaran Fuel Injection (PGM-FI) yang membuat All New Honda Beat menjadi salah satu motor paling irit BBM dengan konsumsi bahan bakar mencapai 59 km/liter. Sedangkan untuk pengetasan Euro 3 mencapai 63 km/liter, jadi kita tidak perlu takut kehabisan bahan bakar saat memakai motor matic 110cc ini.

Baca Juga :   12 Mobil Matic Murah 2017 Terbaik Paling Irit

4. Honda Revo X

Honda Revo X

Honda Revo X

Konsumsi bahan bakar motor bebek rata-rata lebih irit dibandingkan motor matic. Sebagai buktinya adalah Honda Revo X yang bisa menjangkau 62.2 km dengan 1 liter bensin. Kemampuan ini tidak lepas dari sitem pembakaran Injeksi (PGM-FI) yang berpadu dengan mesin berkapasitas 109.17cc. Perpaduan tersebut bisa menghasilkan tenaga sebesar 8.91 PS pada 7.500 rpm dan torsi mencapai 8.76 Nm pada 6.000 rpm. Motor paling irit ini juga memiliki desain sporty dan bagasi luas hingga 7 liter.

5. Honda Supra X 125

Honda Supra X 125

Honda Supra X 125

Performa mesin lebih bertenaga dan efisien menjadi kelebihan Honda Supra X 125. Motor paling irit ini dilengkapi sistem bahan bakar injeksi terbaik yang membuatnya memiliki konsumsi BBM 57.2 km/liter saat ditest dengan pengujian Euro 3. Sedangkan untuk Euro 2 mencapai 61.8 km/liter. Keiritan Honda Supra X 125 memang sudah terbukti sejak lama, sehingga motor ini sering disebut sebagai rajanya motor bebek. Terlebih Honda melengkapinya dengan beragam fitur terkini, seprti disk brake pada roda depan serta belakang.

Advertisement

6. Yamaha Vega Force

Yamaha Vega Force

Yamaha Vega Force

Bandel, irit, dan bertenaga merupakan gambaran untuk Yamaha Vega Force. Motor ini memiliki mesin berkapasitas 110cc yang dikalim bisa mengeluarkan tenaga sebesar 6.41 kw pada 7.000 rpm dan torsi sebesar 9.53 nm pada 5.500 rpm. Tenaga yang dikeluarkan motor bebek murah ini cukup besar, dan kabarnya memiliki konsumsi bahan bakar 55.6 km dengan satu liter bensin yang tersimpan didalam tangki bahan bakar berkapasitas 4 liter. Jadi tak salah apabila kami sebut Yamaha Vega Force sebagai salah satu motor paling irit.

7. Honda Blade 125 FI

Honda Blade 125 FI

Honda Blade 125 FI

Menurut Honda, motor ini bisa menempuh jarak 57.2 km dengan 1 liter bensin. Bahkan saat pengetesan Euro 2 bisa mencapai 61.8 km/liter. Konsumsi bahan bakarnya tidak berbeda jauh dengan Supra X 125. Sedangkan untuk mesinnya bisa mengeluarkan tenaga sebesar 10.1 PS pada 8.000 rpm dan tenaga mencapai 9.3 Nm pada 4.000 rpm. Teknologi PGM-FI membuat Honda Blade 125 FI tidak hanya irit, namun juga bertenaga. Selain itu, motor paling irit ini juga memiliki desain sporty yang terlihat sangat gagah.

8. Yamaha Fino 125 Blue Core

Yamaha Fino 125 Blue Core

Yamaha Fino 125 Blue Core

Apabila Honda memiliki teknologi PGM-Fi, maka Yamaha menggunakan teknologi Blue Core untuk meningkatkan ketahanan mesin dan efesiensi bahan bakar. Nah salah satu motor matic yang memakainya adalah Yamaha Fino 125 Blue Core. Berkat teknologi ini, New Fino hanya membutuhkan satu liter bensin untuk menempuh jarak 47.6 km. Selain itu, motor ini telah menggunakan ban tubeless tapak lebar yang membuat berkendara lebih aman dan nyaman. Harga Yamaha Fino juga tidak berbeda jauh dari Honda Scoopy yang sama-sama memiliki desain klasik beraroma Retro.

9. Honda Verza 150

Honda Verza 150

Honda Verza 150

Tidak hanya murah, Honda Verza 150 juga memiliki mesin irit. Konsumsi BBM saat pengetesan Euro 3 mencapai 45.25 km/liter dan 48 km/liter saat pengetesan Euro 2. Bisa dikatakan Honda Verza merupakan motor sport termurah di Indonesia, karena harganya dibanderol dibawah 20 Juta Rupiah. Walaupun murah, motor paling irit ini memiliki mesin berkapasitas 150cc yang membuatnya bisa bersaing melawan All New Yamaha Vixion ataupun Suzuki GSX-S150 yang sama-sama mengusung mesin 150cc.

10. Honda Vario 150 eSP

Honda Vario 150 eSP

Honda Vario 150 eSP

Mesin 150cc yang dimilikinya tetap membuat Honda Vario 150 hemat bensin. Motor ini layak disebut sebagai motor paling irit di Indonesia, karena bisa menempuh 48 km dengan satu liter bensin. Bahkan saat pengeteasan Euro 2 mencapai 52.9 km/liter. Kemampuan akselerasi motor paling irit ini juga mengagumkan, karena bisa berakselerasi dari 0 sampai 200 meter dalam waktu 11.94 detik. Sedangkan kecepatan maksimal yang dimilikinya mencapai 102 km/jam. Selain itu, tersedia pula beragam fitur canggih, seperti Combi Brake System, Idling Stop System, dan AGC Starter.

Baca Juga :   10 Motor Matic Murah Paling Irit Terbaru 2017

11. Yamaha All New Byson FI

Yamaha All New Byson FI

Yamaha All New Byson FI

Harga motor sport yang satu ini lebih murah dibandingkan Yamaha Vixion. Walaupun lebih murah, namun All New Yamaha Byson lebih irit bensin. Motor ini tercatat memiliki konsumsi bahan bakar 44.6 km/liter berkat mesin 150cc yang dilengkapi sistem pembakaran Fuel Injection. Tidak hanya itu, motor paling irit BBM ini juga lulus uji emisi Euro 3 dan sudah dilengkapi speedometer Full Digital. Sedangkan tenaganya mencapai 9.61 kw pada 8.000 rpm dan torsi mencapai 12.98 Nm pada 6.000 rpm.

12. Yamaha NMAX

Yamaha NMAX

Yamaha NMAX

Mungkin anda mengira Yamaha NMAX boros bensin. Namun kenyatannya, motor ini menjadi salah satu motor paling irit di Indonesia. Yamaha NMAX bisa menempuh jarak 48 km dengan satu liter bensin, sehingga bisa diandalkan sebagai kendaraan touring untuk menjelajah ratusan kilometer. Keiritan motor matic Yamaha ini tidak lepas dari mesin 155cc yang dilengkapi teknologi Blue Core dan (Variable Valve Actuation). Teknologi VVA juga membuatnya memiliki tarikan mesin lebih bertenaga, yaitu mencapai 11.1 kw pada 8.000 rpm dan torsi mencapai 14.4 Nm pada 6.000 rpm.

Baca Juga Informasi Menarik Lainnya

Motor Matic TerbaikHarga Mobil Pick Up
Motor Sport HondaMotor Yamaha Terbaik

Nah itulah 12 motor paling irit di Indonesia. Masih banyak motor irit bensin lainnya yang bisa masbro beli di Indonesia. Namun kami sarankan untuk membeli salah satu motor paling irit di atas, karena kami sudah memilih yang terbaik dari semua motor irit yang dipasarkan di Indonesia. Tinggal masbro yang memilih ingin membeli yang mana. Apabila mencari harga motor termurah, maka Suzuki Nex FI bisa menjadi pilihan paling tepat. Selain itu, ada pula Yamaha Vega Force dan Honda Beat yang sama-sama berstatus sebagai motor paling irti di Indonesia.

Advertisement