Harga Mitsubishi Xpander Cross dan Spesifikasi Terbaru 2020

Advertisement

Harga Mitsubishi Xpander Cross – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia baru saja meluncurkan mobil baru bernama “Xpander Cross”. Mobil ini merupakan varian baru dari Xpander yang selama ini kita kenal sebagai sebuah MPV. Sesuai namanya, Xpander Cross bukanlah mobil MPV biasa, melainkan sebuah Crossover.

Mobil terbaru ini bisa menjadi lawan sepadan untuk bersaing melawan Toyota Rush dan Daihatsu Terios di segmen SUV atau Crossover. Pasanya Mitsubishi memadukan antara kenyamanan sebuah MPV dengan ketangguhan sebuah SUV yang menghasilkan sebuah mobil Crossover sempurna.

Untuk melihat lebih jauh bagaimana kehebatan mobil ini, silahkan simak review sebagai berikut.

Advertisement

Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Xpander Cross

Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Xpander Cross

Review Mobil Xpander Cross

Secara garis besar, spesifikasi Mitsubishi Xpander Cross hampir sama dengan Xpander biasa, terutama untuk segi mesin dan interior yang tidak ada perbedaan sama sekali. Namun dari segi desain, tentu jauh berbeda karena Xpander Cross terlihat lebih sporty dan tangguh.

Daihatsu merancangnya dengan Ground Clearance lebih tinggi yang membuat kenyamanan berkendara lebih optimal saat melewati berbagai medan jalan. Masih banyak perbedaan lainnya, dan untuk mengetahui semua perbedaan tersebut, silahkan simak informasi otomotifo.com berikut ini.

Eksterior

Desain Xpander CrossKita awali dari segi eksterior, Mitsubishi Xpander Cross memiliki grille baru dengan balutan warna black chrome serta garis horizontal yang lebih besar. Desain bumper mobil ini juga berubah total, namun tetap mempertahankan aksen Dynamic Shield yang menjadi ciri khas mobil Mitsubishi masa kini.

Menurut kami tampang depan Mitsubishi Xpander Cross terlihat mirip dengan Mitsubishi New Triton yang belum lama ini dipasarkan di Indonesia. Tak hanya itu, Mitsubishi juga mengoptimalkannya dengan sistem pencahayaan baru yang kali ini sudah menggunakan lampu LED pada bagian headlamp, DRL, SEIN, dan Fog Lamp.

Sistem pencahayaan Xpander Cross berbeda dengan Xpander versi MPV yang masih memakai lampu Halogen. Upgrade tersebut membuat harga Mitsubishi Xpander Cross sedikit lebih mahal, namun tetap afforadable karena tidak mencapai 300 Juta Rupiah.

Advertisement

Mitsubishi menyediakan tiga varian Xpander Cross yang terdiri dari tipe Matic, Manual, dan Premium Package. Setiap tipe memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Namun yang pasti mobil ini menawarkan desain eksterior yang begitu tangguh dan terlihat sangat gagah.

Agar mobil ini terlihat semakin tangguh, Daihatsu juga melengkapinya dengan Roof Rails, Side Body Garnish, dan body belakang baru. Selain itu, tersedia pula Shark Fin Antenna dan Tailgate Garnish yang semakin menambah keistimewaan mobil yang satu ini.

Interior

Interior Mitsubishi Xpander CrossSetiap sisi Xpander Cross memang terlihat sangat keren. Begitu pula dengan sisi interior yang mengedepankan kesan mewah dan premium. Dimana untuk bagian dashboard telah terpasang head unit 7 inci bergaya floating yang bisa terkoneksi ke smartphone melalui konektivitas Bluetooth.

Desain dashboard mobil ini memang modern, namun sayangnya belum dilengkapi fitur AC Digital. Kekurangan tersebut akan tertutupi oleh layar MID yang berada dibalik setir kemudi dan tersedia fitur Start/Stop Button untuk mempermudah pengendara Xpander Cross dalam menghidupkan mesin.

Interior Mobil Xpander CrossMitsubishi juga melengkapinya dengan fitur Cruise Control yang bisa diakses secara langsung melalui setir kemudi. Cruise Control sendiri berguna untuk mempertahankan kecepatan konstan saat mobil berakselerasi.

Baca Juga :  Harga Truk Mitsubishi 2020 Terbaru & Termurah

Soal kenyamanan, tentu tidak perlu diragukan lagi. Mobil ini memiliki kabin yang luas dan dapat menampung hingga 7 orang. Kursi dibaris kedua dan ketiga juga bisa dilipat untuk menambah ruang bagasi sehingga lebih mudah dalam mengangkut barang bawaan.

Sedangkan untuk dimensi keseluruhannya, Mitsubishi Xpander Cross memiliki panjang berukuran 4.5 meter, lebar 1.8 meter, dan tinggi keseluruhan 1.75 meter. Tak hanya itu, Xpander Cross juga dirancang dengan ground clerance yang tinggi, yakni mencapai 225mm.

Mesin

Mitsubishi Xpander CrossMengingat mobil ini menggunakan basis yang sama dengan Xpander versi MPV, maka jangan heran apabila mesinnya juga sama. Meski tidak ada perubahan dari segi mesin, namun performa Xpander Cross tetap mumpuni. Pasalnya mobil ini ditenagai mesin 1.5 Liter MIVEC DOHC 16 katup yang bisa menghasilkan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi torsi puncak mencapai 141 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin Xpander Cross akan disalurkan ke roda depan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan atau automatic 4 percepatan. Andai saja mobil ini memakai sistem penggerak 4WD, tentu performa yang dihasilkannya lebih optimal saat menerjang medan off-road.

Sensasi mengendarai mobil ini akan sangat berbeda dibandingkan Xpander MPV. Pasalnya Xpander Cross memiliki suspensi baru yang menggunakan shock absorber valve yang terpasang pada roda depan dan belakang. Shock tersebut dikembangkan secara khusus dengan quick respons sehingga menghasilkan pengendalian mobil yang lebih stabil dan nyaman.

Fitur Keselamatan

 Apalah artinya mobil malah apabila tidak diimbangi dengan fitur keselamatan yang lengkap. Mengerti akan hal itu, maka Mitsubishi melengkapi Xpander Cross dengan beragam fitur keselamatan yang akan menjaga keselamatan pengendara dan penumpang.

Dimana fitur keselamatan yang pertama adalah sistem pengereman Anti-Lock Breaking System (ABS). Fitur tersebut sangat penting karena akan membantu pengendalian mobil saat mengerem mendadak pada lintasan licik sehingga terhindar dari rem terkunci.

Mitsubishi juga menyediakan fitur Dual SRS Airbag yang menambah keamanan bangku depan saat terjadi benturan. Sayangnya fitur Airbag hanya tersedia untuk penumpang depan. Sedangkan untuk penumpang belakang hanya disediakan sabuk pengaman.

Tak sampai disitu saja, mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan canggih sepert HSA (Hill Start Assist) dan ASC (Active Stability Control). Lalu ada pula fitur ESS (Emergency Stop Signal) dan kamera mundur yang langsung terintegrasi dengan head unit.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander Cross

YouTube video
Dimensi4500 x 1800 x 1750 mm
Ground Clearance225 mm
Radius Putar Minimum5,2 m
Tipe Mesin4A91 1.5 Liter MIVEC 16 Valve DOHC
Kapasitas Silinder1.499 cc
Daya Maksimum104 PS / 6.000 Rpm
Torsi Maksimum141 Nm / 4.000 Rpm
Sistem TransmisiManual 5 Percepatan / Automatic 4 Percepatan
Suspensi DepanMacPherson Strut Coil Spring
Suspensi BelakangTorsion Beam
Rem DepanCakram
Rem BelakangTromol
Sistem KemudiRack & Pinion Electronic Power Steering
Ukuran BanRing 17 ich
Tipe Bahan BakarBensin
Sistem Bahan BakarDirect Injection
Kapasitas Tangki45 Liter

Walaupun masih ada beberapa kekurangan, namun menurut kami semuanya sebanding dengan harga Mitsubishi Xpander Cross. Kami yakin kalian semua penasaran ingin mengetahui berapa harga mobil ini. Oleh karena itulah kami akan menyajikannya pada informasi berikut ini.

Harga Mitsubishi Xpander Cross

Harga Mitsubishi Xpander Cross

Tipe Mobil Harga 
Harga Xpander Cross M/TRp 267.700.000
Harga Xpander Cross A/TRp 277.700.000
Harga Xpander Cross Premium A/TRp 286.700.000
 Harga Terbaru : Daftar Harga Mobil Mitsubishi
Baca Juga :  Harga Mitsubishi Outlander Phev 2020 : Spesifikasi & Interior Terbaru

Seperti yang kalian lihat di atas, Mitsubishi menghadirkan tiga varian Xpander Cross, yakni tipe manual, matic, dan premium package. Dilansir dari situs resmi Mitsubishi, ketiganya dibanderol dengan harga melebihi 250 Juta Rupiah, atau lebih tepatnya antara Rp. 267.7 Jutaan sampai Rp. 286.7 Jutaan (OTR Jakarta).

Harga Mitsubishi Xpander Cross memang lebih mahal dibandingkan Xpander versi MPV. Namun sejatinya mobil ini memiliki tampilan lebih keren dengan desain baru yang terlihat tangguh dan sporty. Selain itu, Mitsubishi mengoptimalkannya dengan suspensi baru yang lebih nyaman saat melewati berbagai medan jalan.

Kesimpulan

Bagi masbro yang mencari mobil keluarga yang tangguh dalam melewati berbagai medan, maka Xpander Cross bisa menjadi pilihan utama. Mobil ini tidak hanya terlihat tangguh, namun juga memiliki interior yang nyaman dengan dukung kabih luas yang bisa menampung hingga 7 penumpang.

Mobil ini bisa menjadi alternatif terbaik selain Daihatsu Terios ataupun Toyota Rush. Ketiganya sama-sama menawarkan ground clerance tinggi yang didukung kabin luas. Secara performa juga tidak berbeda jauh, namun dari segi desain jauh lebih keren Xpander Cross.

Untuk lebih jelasnya mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Crossover yang satu ini, silahkan simak informasi berikut.

Kelebihan Mobil Xpander Cross

  • Desain eksterior terlihat gagah, tangguh, dan sporty
  • Memiliki kabin yang luas dengan interior modern
  • Tersedia head unit 7 inci yang teringrasi dengan kamera parkir
  • Memiliki velg ring 17 yang membuatnya terlihat gagah
  • Mesin bertenga dan irit
  • Fitur keselamatan sangat lengkap, mulai dari Dual SRS Airbag, Hill Start Assis, Active Stability Control, dll
  • Semua sistem pencahayaan sudah menggunakan lampu LED
  • Suspensi baru yang lebih nyaman

Kekurangan Mobil Xpander Cross

  • Harga Mitsubishi Xpander Cross melebihi 250 Juta Rupiah
  • Mobil ini menggunakan sistem penggerak roda depan
  • Tidak ada fitur AC Digital
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Mitsubishi Eclipse CrossHarga Mitsubishi Triton
Harga Mitsubishi Pajero Sport Harga Mitsubishi OutlanderPhev

Salah satu faktor yang akan mengurangi minat masyarakat Indonesia untuk membeli mobil ini adalah harga Mitsubishi Xpander Cross yang dibanderol melebihi 250 Juta Rupiah. Bagi yang berkantong tebal, tentu bukan menjadi masalah berarti. Lagi pula spesifikasi dan fiturnya sebanding dengan harga Xpander Cross.

Setelah menyimak review spesifikasi dan harga Mitsubishi Xpander Cross di atas, tentu masbro bisa menentukan sendiri apakah mobil ini layak dibeli atau tidak. Kami sendiri sangat merekomendasikannya, karena kami sangat menyukai desain, fitur, serta performa Xpander Cross.

5/5 (3 Reviews)
Advertisement