Harga Yamaha MT-15 2018 : Spesifikasi, Review & Gambar

Advertisement

Harga Yamaha MT-15 – Setelah sebelumnya terendus melalui spyshot yang beredar di dunia maya, akhirnya Yamaha merilis motor baru yang merupakan suksesor dari Yamaha Xabre atau Yamaha M-Slaz. Motor ini diperkenalkan di Thailand dengan nama berbeda, yakni “Yamaha MT-15“. Nama tersebut dipilih untuk memperkuat indentitas Yamaha MT Series yang dikenal memiliki desain agresif dan modern.

Desain Yamaha MT-15 terlihat mirip dengan Yamaha MT-09, terutama bagian headlamp yang menyerupai kepala robot transformer. Yamaha juga melakukan pembaharuan mesin dengan memakai mesin 155cc berteknologi VVA yang sebelumnya dipakai Yamaha R15 dan Yamaha Vixion R. Beberapa bagian tetap dipertahankan, seperti suspensi, chassis, dan velg.

Soal desain berubah drastis. Sekarang Yamaha MT-15 terlihat semakin moge look dengan hadirnya suspensi Upside Down berukuran besar dan balutan body agresif bercita rasa premium. Performanya tentu jauh meningkat, karena kapasitas mesinnya berubah dari 150cc menjadi 155cc. Tak lupa teknologi canggih yang menjadi andalan Yamaha R15 dan Vixion R juga tersedia pada motor ini.

Advertisement

Yamaha MT-15 siap menantang Honda CB150R Exmotion yang sama-sama populer di Thailand. Keduanya bersaing ketat dengan menawarkan desain unik serta performa mesin bertenaga. Kami sendiri lebih menyukai desain Yamaha MT-15 yang terlihat lebih agresif dan sangar. Nah bagi masbro yang penasaran ingin mengetahui spesifikasinya secara lengkap, silahkan simak informasi spesifikasi dan harga Yamaha MT-15 di bawah ini.

Review Spesifikasi Yamaha MT-15

Performa Mesin

Spesifikasi dan Harga Yamaha MT-15

Mesin Baru, Performa Lebih Powerfull | Gambar : tmcblog.com

TipeLiquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA
Kapasitas155.1cc
Tenaga Maksimum14,2 kW/10000 rpm
Torsi Maksimum14,7 Nm/8500 rpm
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe StarterStarter Elektrik
Tipe TransmsiManual, 6 – Kecepatan
Bore X Stroke58,0 x 58,7 mm
Tipe KoplingWet Type Multi-Plate Clutch + Assist & Slipper Clutch

Perubahan desain diimbangi dengan peningkatan perfoma melalui mesin SOHC 4 Katup bertenaga 155.1cc yang menjadikan Yamaha MT-15 bisa mengeluarkan tenaga sebesar 14.2 kW pada 10.000 rpm dan torsi puncak mencapai 14.7 Nm pada 8.500 rpm. Mesin yang dipakai merupakan mesin Yamaha R15 dan Yamaha Vixion R, maka tenaga dan torsinya sama besar.

Mesin Yamaha MT-15 semakin canggih dengan hadirnya teknologi Variable Valves Actuation (VVA). Teknologi VVA bertugas untuk menjaga tenaga dan torsi maksimpun di setiap putaran mesin. Tak hanya itu, Yamaha juga membekalinya dengan transmisi manual 6 percepatan yang disempurnakan oleh teknologi Assist & Slipper Clutch yang sebelumnya dimiliki Yamaha R15.

Advertisement

Assist dan Slipper Clutch memiliki fungsi berbeda. Dimana untuk Assist berguna meringankan kinerja kopling, dan Slipper Clutch berguna untuk memperhalus perpindahan gigi, sehingga akselerasi bisa lebih cepat. Fitur Asisst & Slipper Clutch biasanya dimiliki moge berbanderol ratusan juta rupiah, namun kini masbro bisa mendapatkannya pada Yamaha MT-15 yang harganya jauh lebih murah.

Desain

Warna Yamaha MT-15

Desain Agresif dan Modern| Gambar : tmcblog.com

Yamaha tak setengah-setengah dalam merancang MT-15. Terbukti dengan beragam teknologi canggih yang disematkan padanya. Selain canggih, motor ini juga menawarkan desain sangat keren yang terlihat berbeda dari motor yang dibanderol setara harga Yamaha MT-15. Daya tarik utamanya adalah headlamp yang menyerupai kepala robot transformers.

Headlamp Yamaha MT-15 terlihat gahar dan sangar. Lampunya terbagi dalam dua cluster dan sudah mengadopsi teknologi LED untuk menampilkan cahaya lebih terang saat berkendara di malam hari. Pada cluster atas terpasang lampu senja atau lampu jarak dekat. Sedangkan cluster bawah menggunakan lampu LED Projector sebagai lampu utamanya.

Baca Juga :  Harga Yamaha XMAX 250 2018, Review, Spesifikasi & Gambar
Advertisement

Apabila sebelumnya Yamaha Xabre dan M-Slaz yang memiliki jok belakang terpisah, maka sekarang tempat duduknya dibuat menyatu dengan jok depan agar semakin nyaman digunakan saat berboncengan. Pada bagian belakang juga terpasang lampu LED dengan sein terpisah yang terletak pada fender. Kemudian untuk bagian samping memiliki shroud yang terlihat simple & modern.

Yamaha melindungi mesin MT-15 dengan engine cover yang didesain agar tampilan Yamaha MT-15 semakin kekar dan berisi. Lalu ada pula Shroud yang terpasang pada sisi kanan dan kiri. Shroud motor ini terbagi dalam dua bagian, yakni Shroud standar dan shroud kedua sebagai cover radiator. Menariknya lagi, Yamaha MT-15 sudah menggunakan radiotor bertipe Liquid Cooled, sehingga bisa menjaga suhu mesin agar selalu stabil.

Kaki-Kaki

Desain Headlamp Yamaha MT-15

Upside Down Berpadu Headlamp Ala Transformer| Gambar : tmcblog.com

RangkaDeltabox
Suspensi depanUpside Down
Suspensi belakangMonoshock
Ukuran Ban Depan100/80-17M/C 52P
Ukuran Ban Belakang140/70-17M/C 66S
Tipe BanTubeless

Dimensi Yamaha MT-15 yang dipasarkan di Thailand mungkin sedikit berbeda dengan MT-15 versi Indonesia. Yang pasti motor ini memiliki tangki gambot yang menjadikan posisi berkendara lebih tegak. Selain itu, tersedia pula stang lebar yang menjadikan posisi berkendara lebih nyaman dan tak melelahkan saat berkendara jarak jauh.

Wajar apabila harga Yamaha MT-15 dibanderol cukup mahal. Pasalnya motor ini sudah menggunakan suspensi Upside Down dengan diameter cukup besar dan dibalut warna emas yang menambah kegagahan. Suspensinya masih sama dengan Yamaha Xabre atau M-Slaz. Soal kenyamanan tak perlu diragukan lagi. Terlebih motor ini memiliki suspensi belakang Monoshock dengan Swing Arm bergaya moge.

Sistem Pengereman

Desain Buritan Yamaha MT-15

Minus Teknologi ABS| Gambar : tmcblog.com

Rem DepanDisc Brake
Rem BelakangDisc Brake
ABS

Rangka Deltabox yang kokoh dan ringan langsung terekspos saat melihat MT-15 dari samping. Kemudian untuk bagian pengereman dibekali rem cakram yang terpasang pada roda depan serta belakang. Kami sendiri belum mengetahui secara pasti ukuran bannya. Kemungkinan ukurannya sama persis dengan milik Yamaha R15, yakni 100/80-17M/C 52P di depan dan 140/70-17M/C 66S di belakang.

Apabila ban belakang yang dipakainya sama dengan R15 atau Xabre, maka menurut kami ukurannay terlalu kecil. Seharusnya motor ini memakai ban profil 150/17 yang terlihat lebih gambot.  Sangat disayangkan motor ini belum menggunakan teknologi ABS. Mungkin Yamaha sengaja melakukannya agar harga Yamaha MT-15 tetap terjangkau. Kekurangan tersebut akan tertutupi oleh rem cakram yang bekerja secara optimal dalam menghentikan laju kendaraan.

Fitur Andalan

Speedometer Yamaha MT-15

Speedometer Canggih Berlayar LCD| Gambar : tmcblog.com

Masbro bisa memantau laju kendaraan negative LDC digital yang terpasang pada bagian cockpit. Layar LCD tersebut akan menampilkan beragam informasi, seperti kecepatan, sisa bahan bakar, jam digital, hingga indikator perpindahan gigi. Selain itu, tersedia pula knalpot bertipe midship dan fender belakang menggantung yang dilengkapi Stop Lamp LED.

Kekurangan lainnya adalah belum dilengkapi teknologi Keyless. Padahal fitur keamanan ini sudah dipakai Suzuki GSX-S150 yang menjadi lawan MT-15 di kelas 150cc. Apalagi harga Yamaha MT-15 cukup mahal, tentu banyak orang yang menginginkannya agar motor lebih aman dan lebih simple saat menghidupkan motor. Nah itulah review singkat mengenai spesifikasi MT-15. Lalu berapakah sebenarnya harga Yamaha MT-15 di Indonesia ?

Harga Yamaha MT-15

Harga Yamaha MT-15

Berapakah Harga Yamaha MT-15 di Indonesia ? | Gambar : tmcblog.com

Harga Baru98.500 Baht (Rp. 45 Jutaan)
Harga Bekas
  Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Yamaha
Baca Juga :  Harga Vespa Sprint 2018, Review, Spesifikasi & Gambar

Note :

  • Harga Yamaha MT-15 di atas merupakan harga Thailand
  • Informasi spesifikasi dan harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu

Belum diketahui secara pasti harga Yamaha MT-15 di Indonesia. Bisa saja harganya jauh lebih mahal dibandingkan Yamaha Xabre yang saat ini dibanderol 30 Jutaan. Terlebih arga Yamaha MT-15 di Thailand mencapai 98.500 Baht Thailand atau setara Rp. 45 Jutaan. Semoga saja harga Yamaha MT-15 di Indonesia jauh lebih murah dari Thailand, sehingga kita semua bisa membelinya.

Motor bermesin 155cc ini memiliki daya pikat sangat besar. Banyak orang yang kesengsem dengan desain Yamaha MT-15 dikarenakan mirip Yamaha MT-09. Tentunya hal ini menjadi modal penting untuk menjaring minat konsumen lebih luas, terutama kaum millennial yang biasanya lebih memilih motor sport dibandingkan motor matic maupun motor bebek.

Kelebihan 

  • Desain fantastis dengan bentuk body agresif yang terlihat sangat sangar dan gahar
  • Memiliki desain headlamp yang unik dan mirip dengan mirip MT-15
  • Lampunya sudah menggunakan teknologi LED
  • Memakai rangka deltabox yang kuat dan kokoh
  • Suspensinya sudah Upside Down dan memiliki suspensi belakang Monoshock
  • Memiliki stang lebar yang menjadikan posisi berkendara lebih nyaman dan tidak cepat melelahkan
  • Ditenagai mesin 155cc berteknologi VVA yang memiliki performa responsif dan bisa mengeluarkan tenaga dan torsi merata pada setiap putaran mesin
  • Dibekali transmisi 6 percepatan dan kopling yang mendukung teknologi Assist & Slipper Clutch

Kekurangan

  • Harga Yamaha MT-15 di Indonesia kemungkinan cukup mahal
  • Belum dilengkapi teknologi ABS

Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya

Spesifikasi dan Harga Yamaha NikenHarga Yamaha NikenGambar Motor Yamaha R6Harga Yamaha R6
Gambar Yamaha Tricity 155Harga Yamaha TricityHarga Yamaha TMAX DX

Kemungkinan Yamaha akan menyuntik mati Xabre dan menggantinya dengan MT-15. Bisa saja namanya tetap Xabre, namun spesifikasi dan desainnya sama persis dengan MT-15. Yah, Yamaha Indonesia memang belum mengeluarkan informasi resmi mengenai tanggal perilisan dan harga Yamaha MT-15 di Indonesia. Sekarang kita hanya bisa bersabar, dan semoga motor ini cepat hadir di tanah air.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi