Modifikasi Motor Trail Bebek, Sport & Matic Terbaru 2018

Advertisement

Modifikasi Motor Trail – Rata-rata harga motor trail di Indonesia cukup mahal, terutama motor buatan Yamaha, Honda, dan Kawasaki yang dibanderol melebihi 30 Juta Rupiah. Oleh karena itulah banyak orang yang lebih memilih memodifikasi motor miliknya menjadi motor trail. Biayanya tentu tidak sedikit, karena kita harus mengganti seluruh bagian motor dan hanya menyisakan mesinnya saja. Semua jenis motor bisa dirubah menjadi motor trail, namun lebih baik menggunakan mesin motor sport yang memiliki performa lebih bertenaga dibandingkan motor bebek ataupun motor matic.

Salah satu bagian paling penting dalam membangun motor trail adalah rangka. Masbro harus membuat rangka yang pas atau membeli rangka motor trail yang sudah jadi. Harganya bervariasi, mulai 2 Jutaan sampai belasan juta rupiah. Masbro tinggal memilihnya sesuai jenis mesin yang dipakai. Apabila mesin yang digunakan berasal dari motor bebek tentu harganya lebih murah dibandingkan mesin motor sport yang membutuhkan rangka lebih kuat. Beberapa penjual juga menyediakan rangka full set yang pada paket penjualannya sudah termasuk bodi, suspensi, hingga ban.

Menurut kami membangun motor trail modifikasi dari motor bebek dan motor sport lebih sulit dibandingkan motor matic. Pasalnya kita tidak perlu merubah bagian rangka apabila menggunakan motor matic. Paling hanya mengganti suspensi depan, stang, dan ban dengan menggunakan ban tahu ataupun ban dual purpose yang lebih nyaman digunakan dimedan off-road. Suspensi yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. Saran kami adalah memakai suspensi Upside Down yang mampu meredam lebih banyak getaran dibandingkan suspensi teleskopik konvesional.

Advertisement

Rata-rata motor trail yang dipasarkan di Indonesia telah menggunakan suspensi Upside Down, seperti Honda CRF150L, Kawasaki KLX 150, dan Kawasaki KLX 250. Ketiganya bisa menjadi acuan dalam modifikasi motor trail yang bisa masbro terapkan pada motor bebek maupun motor sport yang nantinya digunakan untuk menjelajah medan offroad ataupun trabas ke medan berat yang sulit dilalui motor standar. Nah bagi yang bingung ingin memulai dari mana, silahkan simak simak referensi gambar modifikasi motor trail yang kami sampaikan di bawah ini.

Kumpulan Gambar Modifikasi Motor Trail

1. Modifikasi Motor Bebek Menjadi Motor Trail

Modifikasi Jupiter MX Trail Modifikasi Motor Bebek Trail Motor Bebek Trail Gambar Modifikasi Motor Trail Bebek Modifikasi Motor Trail Supra Fit Fotor Modifikasi Motor Trail Jupiter MX Fotor Modifikasi Motor Trail Jupiter Z

Rara-rata motor bebek yang dirubah menjadi motor trail adalah motor tua yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator. Pasalnya motor karburator lebih gampang dimodifikasi dan lebih mudah perawatannya. Harganya juga cukup terjangkau, sehingga tidak sayang untuk merubahnya menjadi motor offroad alias motor trail. Ada bayak pilihan motor bebek yang bisa digunakan, seperti Honda Supra X, Super Fit, Jupiter Z, hingga Jupiter MX.

Advertisement

Masbro bisa menerapkan desain modifikasi motor trail yang kami sampaikan diatas, sehingga nantinya motor bebek yang dimodifikasi menjadi lebih keren. Jangan lupa membeli bodi kit atau membuatnya dengan bahan fiber agar motor yang kita modifikasi terlihat mirip Kawasaki KLX 150 BF ataupun Honda CRF150L. Knalpot juga wajib diganti agar suara yang dikeluarkan terdengar lebih sangar dan berbeda dari motor bebek standar.

2. Modifikasi Motor Sport Menjadi Motor Trail

Modifikasi Motor Trail Honda MegaPro Modifikasi Motor Trail Kawasaki Ninja R Modifikasi Motor Trail Honda Tiger Modif Ninja RR Trail Modifikasi Motor Trail Honda GL Max Yamaha Scorpio Modif Trail Supermoto

Semakin banyak orang yang hobi trabas ke alam liar. Hobi ini membutuhkan modifikasi motor trail yang bertenaga dan memiliki durabilitas lebih baik saat melewati medan berat. Oleh karena itulah kami sarankan menggunakan motor sport yang rata-rata memiliki mesin 150cc hingga 250cc. Ada banyak motor sport yang bisa dirubah menjadi motor trail, seperti Honda MegaPro, Honda Tiger, Yamaha Scorpio, hingga motor sport 2 silinder sekelas Kawasaki Ninja 250.

Baca Juga :  Modifikasi Mobil Terbaik dan Terkeren di Indonesia 2018
Advertisement

Apabila suka motor trail 2 tak, masbro juga bisa menggunakan Kawasaki Ninja RR atau Yamaha RX King yang selama ini dikenal memiliki tenaga sangat beringas. Selain beringas, kelebihan modifikasi motor trail menggunakan motor 2 tak adalah memiliki kemampuan akselerasi lebih baik. Rata-rata motor 2 tak memang memiliki torsi lebih besar dibandingkan motor 4 tak, sehingga cocok digunakan untuk modifikasi motor trail.

3. Modifikasi Motor Matic Menjadi Motor Trail

Modifikasi Honda Vario Trail Modifikasi Mio Trail Modifikasi Motor Trail Matic Yamaha Mio Modifikasi Yamaha Mio Trail Modifikasi Motor Matic Trail Modifikasi Motor Trail Honda Beat

Bagi yang bosan dengan tampilan motor matic yang itu-itu saja, maka bisa berubahnya menjadi motor trail yang terlihat sangar dan macho. Masbro hanya perlu mengganti suspensi depan dan ban agar lebih cocok digunakan di medan offroad. Apabila dirasa kurang kuat, masbro juga bisa menambahkan rangka tambahan yang menopang antara rangka depan dan belakang, sehingga lebih kuat saat dibawa berpetualang ke medan berat. Hampir semua jenis motor matic bisa dirubah menjadi motor trail. Namun kebanyakan menggunakan Honda Beat serta Yamaha Mio.

Pada gambar diatas juga terlihat adanya modifikasi motor trail menggunakan Honda Vario 150 yang hasilnya sangat keren. Bagi sebagian orang pasti ragu melakukannya, karena harga Honda Vario 150 dibanderol cukup mahal. Jadi lebih baik menggunakan Honda Beat atau Yamaha Mio apabila ingin modifikasi motor trail. Apabila tidak suka modifikasi, masbro juga bisa membeli Yamaha X-Ride 125 dan Honda Beat Street yang diciptakan secara khusus sebagai motor petualang dan bisa digunakan secara nyamana untuk melewati medan offroad ringan.

Baca Juga Informasi Modifikasi Motor Lainnya

Modifikasi Yamaha Lexi By Julak Sandie DesignModifikasi Yamaha LexiModifikasi Aerox 155 AirbrushModifikasi Yamaha Aerox 155
Modifikasi Vario 150Modifikasi Vario 150Modifikasi NMAX
Modifikasi Motor VixionModifikasi Motor Beat

Silahkan masbro berimajinasi sendiri untuk menghasilkan modifikasi motor trail yang keren dan berbeda dari motor pada umumnya. Namun yang paling penting masbro harus menyiapkan dana yang tidak sedikit untuk merubah motor standar menjadi motor trail. Jangan lupa memeriksa kekuatan rangka dan suspensi yang nantinya akan disiksa untuk melewati medan berat. Ban juga harus diperhatikan agar semakin nyaman dan aman saat trabas. Nah demikianlah artikel modifikasi motor yang kami sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi