Syarat Perpanjang STNK 2019 Untuk Motor dan Mobil

Advertisement

Syarat Perpanjang STNK 2019 – Belum lama ini muncul sebuah wacana mengenai pengapusan pajak sepeda motor. Tujuannya adalah untuk meringankan beban masyarakat yang selama ini mengandalkan sepeda motor sebagai kendaraan sehari-hari. Wacana tersebut patut diapresiasi tinggi, namun beberapa pihak kurang setuju dengan hal itu. Pasalnya pengapusan pajak motor hanya akan menambah jumlah kendaraan yang otomatis berdampak negatif pada lingkungan dan menurunkan kualitas udara.

Pro dan kontra pengapusan pajak sepeda motor tidak dapat dihindari lagi. Di sisi lain pengapusan pajak motor akan meringankan beban masyarakat Indonesia, namun juga membuat kepadatan sepeda motor semakin meningkat yang berakibat pada kemacetan dan polusi udara. Mungkin masih butuh beberapa tahun lagi agar kebijakan tersebut teralisasi. Nah untuk saat ini kita harus tetap melakukan perpanjangan STNK dan membayar pajak kendaraan bermotor.

Saat ini semua pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan perpanjangan STNK. Ada dua jenis perpanjangan STNK, yakni setiap 1 tahun sekali dan 5 tahun sekali. Proses keduanya juga berbeda, karena proses perpanjangan STNK 5 tahunan hanya bisa dilakukan di kantor Samsat. Sedangkan perpanjangan STNK tahunan bisa dilakukan melalui gerai Samsat Keliling ataupun Samsat Online yang membuat prosesnya lebih cepat.

Advertisement

Mengingat proses perpanjangan STNK berhubungan dengan birokasi, tentu ada beberap syarat perpanjang STNK yang harus dipenuhi. Syarat-syaratnya cukup mudah, sehingga kita bisa melakukannya sendiri tanpa perlu menggunakan jasa perantara. Nah bagi yang belum tahu apa saja syarat perpanjangan STNK, silahkan masbro simak informasi yang dirangkum redaksi otomotifo.com berikut ini.

Syarat Perpanjang STNK Terbaru 2019

Syarat Perpanjang STNK Terbaru 2019

1. Syarat Perpanjang STNK Tahunan

Perpanjangan STNK tahunan bisa dilakukan secara langsung di kantor Samsat ataupun menggunakan layanan Samsat keliling dan Samsat Online. Selain itu, tersedia pula layanan Samsat Drive Thru. Kami sendiri lebih memilih menggunakan Samsat Drive Thru, karena proses pelayananannya sangat cepat. Bahkan prosesnya hanya membutuhkan beberapa menit saja asalkan tidak banyak yang mengantri. Nah untuk syarat perpanjang STNK tersebut, silahkan simak dibawah ini.

  1. Membawa KTP asli sesuai nama yang tertera pada STNK ataupun BPKB.
  2. Membawa STNK asli sebagai bukti kepemilikan sepeda motor
  3. Menyiapkan uang sesuai besaran pajak kendaraan bermotor yang harus dibayar. Nah agar tidak kaget mengenai biaya yang harus dibayarkan, maka kami sarankan untuk terlebih dahulu melakukan pengecekan dengan cara sebagai berikut : “Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Syarat perpanjang STNK di atas mungkin akan berbeda disetiap daerah. Lalu apakah kita perlu membawa BPKB saat perpanjang STNK tahunan?. BPKB bukanlah salah satu syarat perpanjang STNK tahunan, jadi masbro tak perlu membawanya. Mungkin di beberapa daerah masih menerapkan peraturan harus membawa BPKB, namun didaerah kami peraturan tersebut sudah tidak berlaku. Alhasil bagi pemilik kendaraan bermotor yang masih kredit tidak perlu meminta surat keterangan ke leasing saat ingin melakukan perpanjangan STNK tahunan.

Advertisement

2. Syarat Perpanjang STNK 5 Tahun

Syarat Perpanjang STNK 5 TahunSetiap 5 tahun sekali semua kendaraan bermotor wajib mengganti plat nomor. Penggantian plat nomor hanya bisa dilakukan apabila kita memperpanjang STNK 5 tahunan serta membayar pajak kendaraan yang ditentukan. Syarat perpanjang STNK 5 tahunan sedikit berbeda dan menurut kami prosesnya lebih ribet. Pasalnya kita harus datang ke kantor Samsat terdekat agar nantinya bisa dilakukan pengecekan fisik kendaraan. Lalu apa saja syarat-syaratnya ?

  1. Membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraa) yang asli
  2. Membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli sesuai yang terterap pada BPKB dan STNK
  3. Wajib membawa BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) yang asli
  4. Kendaraan yang akan diperpanjang STNK-nya wajib dibawa, karena nantinya harus dilakukan pengecekan pada nomor rangka dan nomor mesin
  5. Siapkan uang untuk membayar pajak kendaraan bermotor
Baca Juga :  Biaya Pembuatan Sim 2019 Untuk Semua Golongan SIM

Pengecekan nomor rangka dan nomor mesin menjadi suatu kewajiban saat perpanjangan STNK 5 tahunan. Inilah salah satu faktor yang membedakan antara pajak tahunan dan pajak 5 tahunan. Selain itu, kita wajib membawa BPKB sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Jadi apabila motor atau mobilnya masih kredit, maka masbro wajib meminta surat keterangan dari leasing. Nah bagi yang masih bingung mengenai proses perpanjangan STNK 5 tahunan, silahkan masbro simak informasi berikut ini.

3. Proses Perpanjang STNK 5 Tahun

Proses Perpanjang STNK 5 TahunMembayar pajak 5 tahunan juga bisa dilakukan secara online. Meski sudah menggunakan sistem online, namun kita tetap perlu datang ke kantor Samsat terdekat untuk melanjutkan proses pengecekan fisik dan penggantian plat nomor. Dibeberapa daerah perpanjangan pajak 5 tahunan juga bisa dilakukan di Samsat Drive Thru. Namun bagi yang lebih memilih datang ke kantor Samsat, silahkan simak dulu prosesnya berikut ini.

Advertisement
  1. Sebelum datang ke kantor Samsat, silahkan masbro terlebih dahulu menyiapkan syarat perpanjang STNK 5 tahunan yang kami sampaikan di atas. Setelah semuanya siap, masbro tinggal datang ke kantor Samsat. Saran kami datanglah lebih awal agar tidak terlalu mengantri
  2. Setelah tiba dikantor Samsat, selanjutnya masbro langsung menuju ke tempat check fisik untuk memeriksa nomor rangka dan nomor mesin. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 5 menit apabila kondisi Samsat sedang sepi.
  3. Proses check fisik hanya sebatas pada pemeriksaan nomor rangka dan nomor mesin yang kemudian digesek oleh petugas check fisik. Setelah itu kita akan mendapatkan blanko check fisik yang kemudian diserahkan ke loket check fisik beserta syarat perpanjang STNK 5 tahunan lainnya, yakni KTP asli dan STNK asli.
  4. Setelah menyerahkan syarat perpanjang STNK, lalu kita tinggal menunggu nama dipanggil untuk mendapatkan berkas check fisik yang sudah disahkan. Proses ini tidak dipungut biaya sepeserpun, jadi masbro tak perlu khawatir.
  5. Selanjutnya masbro pergi ke tempat fotocopy yang berada di gedung Samsat untuk memfotocoy semua syarat perpanjang STNK yang dibawa. Ada baiknya bertanya ke petugas fotocopy untuk menanyakan berkas apa saja yang harus dibutuhkan.
  6. Kemudian kita disuruh mengisi formulir yang nantinya dibawa ke loket pendaftaran khusus perpanjangan STNK 5 tahunan.
  7. Lalu kita serahkan semua berkas syarat perpanjang STNK ke loket pendaftaran, kecuali BPKB
  8. Proses selanjutnya tinggal menunggu nama dipanggil sesuai yang tertera pada STNK, kemudian petugas akan melakukan pengecekan data sesuai dengan BPKB asli yang kita bawa.
  9. Apabila data sudah sesuai, maka selanjutnya tinggal melakukan pembayaran ke kasir.
  10. Setelah membayar kita akan mendapakan struk pembayaran yang nantinya digunakan untuk mengambil STNK baru serta plat nomor baru. Untuk mengambil plat nomor masbro bisa mendatangi loket penyerahan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor).

Proses perpanjangan STNK di atas hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 Jam. Namun sering kali kita harus mengantri dalam waktu lama jika kondisi Samsat sedang ramai, sehingga tak jarang membutuhkan waktu hingga 2 Jam atau bahkan lebih. Nah untuk menghemat waktu, lebih baik masbro melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online. Kemudian masbro tinggal datang ke kantor Samsat dengan membawa bukti pembakaran, lalu melakukan pengecekan fisik dan mengambil STNK serta plat nomor yang baru.

4. Syarat Perpanjang STNK Di Samsat Keliling

Syarat Perpanjang STNK Di Samsat KelilingBanyak orang yang belum tahu kalau sekarang sudah ada layanan Samsat Keliling. Layanan tersebut memungkinkan kita untuk melakukan perpanjangan pajak kendaraan secara cepat. Untuk syarat perpanjang STNK tahunan melalui Samsat Keliling hanya perlu membawa KTP dan STNK asli, tanpa perlu di foto copy. Prosesnya sangat cepat, sehingga bisa menghemat waktu. Selain itu, Samsat keliling juga melayani SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) dan pengesahan STNK tahunan, jadi masbro tak perlu lagi datang ke kantor Samsat.

Baca Juga :  Biaya Balik Nama Motor 2019 dan Syarat-Syaratnya

5. Syarat Perpanjang STNK Di Samsat Online

Cara Bayar Pajak Motor OnlineLayanan Samsat Online bertujuan untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam membayar pajak kendaraan bermotor serta melakukan perpanjangan STNK. Sayangnya layanan ini hanya sebatas untuk memudahkan pembayaran, karena kita tetap harus datang ke kantor Samsat atau gerai Samsat Keliling untuk pengesahan STNK. Sedangkan untuk syarat-syaratnya silahkan masbro simak pada informasi berikut ini “Cara Bayar Pajak Kendaraan Online

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Menambal Ban TublesCara Menyetel Karburator Motor
Biaya Pembuatan SimCara membuat SIM C

Zaman memang semakin canggih. Selain Samsat Online, Pemerintah Indonesia juga menghadirkan layanan SIM Online yang sama-sama berguna untuk memudahkan proses birokasi dalam membuat SIM ataupun perpanjangan STNK. Nah demikianlah informasi otomotif kali ini, semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi semua pengunjung otomotifo.com

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi