Modifikasi Jupiter Z 2018, Bergaya Road Race dan Jari-Jari

Advertisement

Modifikasi Jupiter Z – Salah satu motor bebek legendaris di Indonesia adalah “Yamaha Jupiter Z”. Motor ini tercatat sebagai salah satu motor bebek terlaris pada masanya bersaing melawan Honda Supra X yang waktu itu sama-sama memakai mesin 110cc. Sekarang Jupiter Z sudah tidak diproduksi dan digantikan oleh Jupiter Z1 yang sudah mengadopsi teknologi Fuel Injection agar konsumsi bahan bakarnya lebih irit dibandingkan Jupiter Z yang masih karburator.

Yamaha Jupiter Z sendiri diprodusi sejak tahun 2003 sampai 2009. Untuk spesifikasinya memakai mesin 4 tak berkapasitas 110.3cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 8.8 Horsepower pada putaran 8.000 rpm dan torsi 0.92 kgf.m pada 5.000 rpm. Tenaga dan torsinya tergolong sangat besar, sehingga motor ini sering digunakan untuk balapan road race. Modifikasi Jupiter Z Road Race juga tetap populer hingga sekarang dan sering kali disalahgunakan untuk balapan liar.

Motor bebek Yamaha ini juga sering dipakai mengikuti kontes modifikasi dengan menerapkan berbagai macam gaya modifikasi, seperti ceper, thailook, hingga drag style. Tinggal pemiliknya yang berkreasi sesuai dengan selera dan budget yang dimiliki. Apabila budgetnya lebih bisa merubah tampilan Jupiter Z dengan menambahkan airbrush yang membalut setiap sisi Jupiter Z dengan grafis keren sesuai dengan konsep yang diusung.

Advertisement

Kebanyakan modifikasi Jupiter Z juga menggunakan velg jari-jari untuk menggantikan velg bawaan pabrik yang desainnya itu-itu saja. Ubahan ini tergolong simple dan tidak membutuhkan biaya besar, karena rata-rata harga velg jari-jari dibanderol di bawah 1 Juta Rupiah. Masih banyak lagi aliran modifikasi yang bisa masbro terapkan, namun bagi yang bingung silahkan simak referensi modifikasi Jupiter Z terbaik berikut ini.

KUMPULAN GAMBAR MODIFIKASI JUPITER Z

1. Foto Modifikasi Jupiter Z Road Race

Kami yakin motor dibawah ini sudah di bore-up agar lebih optimal saat balapan road race. Yah, modifikasi Jupiter Z road race memang condong ke sektor mesin dibandingkan desain. Knalpot juga wajib dirubah agar power semakin besar dan mengeluarkan suara gahar yang menjadi ciri khas motor road race. Gambar Modifikasi Jupiter Z Road Race Foto Modifikasi Jupiter Z Road Race Foto Modifikasi Jupiter Z Road RaceModifikasi motor road race hanya bisa dilakukan oleh modifikator profesional yang mengerti seluk beluk mesin. Rara-rata motor Yamaha Jupiter Z road race juga menggunakan suspensi tabung yang akan menjagai kestabilan motor saat berakselerasi pada kecepatan tinggi. Sedangkan untuk velgnya bisa menggunakan velg jari-jari atau velg racing sesuai dengan setingan motor.

2. Foto Modifikasi Jupiter Z Jari-Jari

Velg jari-jari memang keren diaplikasikan pada Yamaha Jupiter Z. Ada banyak sekali produsen velg berkualitas yang membanderol produknya dengan harga terjangkau, seperti TDR dan Rossi. Masbro juga bisa memilih berbagai warna velg dan berbagai model jeruji sesuai dengan konsep modifikasi yang masbro terapkan. Modifikasi Jupiter Z Jari Jari Foto Modifikasi Yamaha Jupiter Z Jari Jari Modifikasi Jupiter Z Velg Jari-JariHarga velg jari-jari Yamaha Jupiter Z juga cukup terjangkau. Rata-rata dibanderol di bawah 1 Juta Rupiah untuk satu pasang velg lengkap dengan jeruji dan tromol. Bisa saja harganya lebih mahal, karena tergangung dari jenis velg yang dibeli.

Advertisement

3. Foto Modifikasi Jupiter Z Racing

Modifikasi racing juga sangat simple. Masbro hanya perlu mengganti knalpot dan memakai ban lebih besar agar tampilan luar Jupiter Z semakin gahar dan sporty. Selain itu, masbro bisa merubah bagian jok dan memakai lampu projector yang saat ini sedang menjadi trend di kalangan modifikator.
Modifikasi Yamaha Jupiter Z Road RaceModif Jupiter Z Racing Foto Modifikasi Jupiter Z RacingPada gambar di atas terlihat Jupiter Z berwarna kuning yang dimodifikasi dengan gaya racing untuk mengikuti kontes modifikasi. Konsep yang diterapkan cukup unik, karena memindahkan knalpot dari sisi kanan ke kiri. Modikator juga merubah bagian jok dan membuatnya menjadi single seater, karena tangki bensin dibuat terekspos.

Baca Juga :  Modifikasi Yamaha Lexi dan Pilihan Warna Terbaru 2018

4. Foto Modifikasi Jupiter Z Ceper

Kami yakin modifikasi Jupiter Z ceper tidak nyaman dipakai harian. Modifikasi ini lebih cocok untuk mengikuti kontes. Terlebih ban yang dipakai merupakan ban cacing yang otomatis sangat membahayakan saat dipakai harian. Yamaha Jupiter Z Modif Ceper Modifikasi Jupiter Z CeperSelera modifikasi setiap orang berbeda-beda, jadi wajar apabila ada yang menerapkan gaya ceper pada motor miliknya. Kami sendiri kurang menyukainya, karena seharusnya modifikasi motor harus mempertimbangkan aspek kenyaman dan keamanan. Sedangkan modifikasi Jupiter Z di atas jauh dari kata aman dan nyaman.

5. Foto Modifikasi Jupiter Z Airbrush

Menurut kami airbrush sama saja dengan seni. Hanya orang berjiwa seni saja yang bisa membuat airbrush dengan grafis detail dan terkonsep. Oleha karena itulah biaya airbrush dibanderol sangat mahal, bahkan bisa melebihi 2 Juta Rupiah tergantung dari tingkat kerumitan dan warna yang digunakan.
Modifikasi Jupiter Z Kontes Uang yang dikeluarkan untuk airbrush tidak akan terbuang sia-sia. Pasalnya tampulan motor yang di airbrush akan terlihat semakin keren dan berbeda dari motor pada umumnya. Namun ada baiknya masbro menggunakan bodi imitasi dan menyimpan bodi asli agar nantinya nilai jual motor tidak turun saat ingin dijual

Advertisement

6. Foto Modifikasi Jupiter Z Thailook

Salah satu ciri khas modifikasi bergaya Thailook adalah menggunakan velg jari-jari dan ban cacing. Sebenarnya penggunan ban cacing dilarang oleh pihak kepolisian, akan tetapi banyak yang bandel dan tetap memakainya dengan alasan gaya. Tak bisa dipungiri modifikasi Jupiter Z dengan ban cacing memang keren, namun kami sarankan hanya sebatas untuk kontes dan bukan dipakai harian. Yamaha Jupiter Z ModifGambar Modifikasi Yamaha Jupiter Z Jari Jari

Salah satu alasan memodifikasi sepeda motor adalah untuk mengikuti ajang modifikasi atau untuk balapan. Tinggal masbro yang menentukan ingin menerapkan gaya modifikasi yang mana. Bagi yang ingin mengikuti kontes maka harus menyiapkan budget cukup banyak untuk membeli beragam aksesoris aftermarket dan merubah tampilan motor dengan airbrush atau memakai decal stiker yang harganya jauh lebih murah dari airbrush.

Baca Juga Artikel Modifikasi Lainnya :

Masbro hanya perlu mengeluarkan uang 300 Ribuan sampai 400 Ribuan untuk membeli decal stiker yang akan membalut setiap sisi Jupiter Z mulai dari bagian depan, samping, hingga belakang. Kebanyakan modifikasi Jupiter Z road race juga menggunakan decal stiker, karena lebih simple dan nantinya bisa dilepas dengan mudah. Nah itulah informasi modifikasi motor kali ini, semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi sebelum memodifikasi Jupiter Z atau Jupiter Z1 yang masbro miliki.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi